4 Jenis Makanan Mengandung Lemak yang Perlu Dihindari

Lemak merupakan nutrisi yang terkandung di dalam makanan seperti halnya karbohidrat dan protein. Walaupun memiliki stigma buruk, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi sebagai cadangan energi, pelindung organ, membantu penyerapan beberapa nutrisi ke dalam tubuh seperti vitamin A, D, E, dan K. Eits! Tapi bukan berarti bahwa konsumsi lemak boleh dalam jumlah banyak!  Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batasan jumlah lemak yang dapat dikonsumsi tiap hari adalah 67 gram (setara 5 sendok makan minyak). Lemak memiliki jumlah kalori yang paling tinggi dibandingkan karbohidrat dan protein, sehingga konsumsi lemak berlebih dapat menyebabkan tingginya konsumsi kalori harian dan menyebabkan resiko terkena obesitas ataupun sindrom metabolik.

Sangat penting untuk memperhatikan konsumsi lemak harian dengan membatasi beberapa jenis makanan yang memiliki konten lemak tinggi. Tentu hal ini sulit dilakukan karena banyak makanan dan jajanan enak tapi ternyata mengandung jumlah lemak yang tinggi. Berikut adalah contohnya:

 

Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang diolah dengan cara deep fry. Satu potong bakwan dapat mengandung 11.6 gram lemak. Walaupun yang kamu goreng adalah sayur atau makanan bernutrisi, makanan yang diolah dengan teknik deep fry akan menyerap minyak dan mengandung banyak lemak.

 

Kerupuk/ Keripik

Sama halnya dengan gorengan, kerupuk atau keripik di dalam kemasan juga diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Seratus gram kerupuk dapat mengandung sekitar 30gram lemak. Hal tersebut sudah hampir memenuhi setengah dari batas konsumsi lemak harianmu, lho! Walau demikian alternatif bagi kamu pecinta kerupuk atau keripik, pilih kerupuk/keripik yang tidak digoreng, misal dipanggang, atau dipanaskan tanpa minyak.

 

Ayam Goreng Krispi

Satu potong ayam goreng krispi yang dijual di restoran fast food dapat mengandung 28gram lemak. Jika dibandingkan dengan ayam bakar yang proses pengolahannya tidak digoreng, kandungan lemaknya hanya 6gram saja.

 

Mayonnaise

Gak cuma gorengan yang memiliki lemak tinggi, tapi kondimen seperti mayonnaise juga mengandung cukup banyak lemak, lho! Apakah kamu tahu, bahwa 70-75% kandungan mayonnaise adalah lemak? Jadi kalau kamu mengkonsumsi 10gram mayonnaise, kamu mengkonsumsi 7-7.5gram lemak. Eitss… tenang, kamu bisa pilih produk mayonnaise yang lebih rendah lemak seperti Tropicana Slim Mayonnaise Roasted Sesame. Tiap 10 gramnya hanya mengandung 3 gram lemak.

Kalau kamu tim yang hobi masak maka kamu bisa memodifikasikan cara memasak agar membutuhkan lebih sedikit minyak/lemak, seperti: kukus, bakar, tumis, panggang, dan rebus. Alternatif lainnya adalah dengan memilih bahan memasak/ produk lebih rendah lemak. Jangan lupa untuk selalu cek komposisi nutrisi pada kemasan makanan!

Selain jumlahnya, pemilihan sumber lemak yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Ada makanan mengandung lemak jahat seperti: lemak jenuh dan lemak trans seperti pada gorengan yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Kita juga harus bijak untuk memilih sumber lemak yang lebih baik yaitu yang kaya akan lemak tidak jenuh seperti ikan, minyak jagung, kacang-kacangan, minyak canola, dan minyak zaitun yang bermanfaat untuk tubuh.

 

Referensi:

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.