4 Tips Mengatasi Emosi Negatif

Banyaknya perubahan yang terjadi secara mendadak akibat adanya pandemi COVID-19 menyebabkan timbulnya emosi negatif di banyak orang. Rasa cemas, takut dan khawatir pun timbul dengan adanya risiko penyakit baru yang efeknya masih belum diketahui dengan pasti ini. Perlu diketahui bahwa munculnya emosi negatif sesungguhnya wajar terjadi, walaupun dapat berbeda-beda pada masing-masing orang. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi emosi-emosi negatif ini?

 

Salah satu kegiatan yang dapat dicoba untuk mengatasi kecemasan adalah yoga. Sebuah penelitian terhadap 538 orang penderita gangguan kecemasan (anxiety disorders) menunjukkan bahwa yoga dapat membantu memperbaiki kondisi kecemasan yang dialami. Walaupun tetap tidak dapat mengalahkan efektivitas terapi standard, yoga diketahui bermanfaat dimana 54% subjek yang melakukan yoga diketahui mengalami perbaikan yang signifikan.

 

Selain itu, lakukanlah kegiatan relaksasi seperti meditasi, mendengarkan musik, dan mengatur pernapasan. Usahakan untuk meluangkan waktu sebanyak 15-20 menit untuk melakukan kegiatan relaksasi dan menenangkan hati. Kegiatan relaksasi bisa dilanjutkan dengan menulis 3 hal yang berjalan baik atau 3 hal yang perlu disyukuri di setiap akhir hari untuk mendorong agar kita dapat selalu berpikir positif.

 

Menjaga hubungan sosial dengan orang terdekat, termasuk keluarga dan sahabat, juga akan bermanfaat. Orang terdekat dapat menjadi pendukung dan tempat bergantung saat kita mengalami kesulitan. Mereka juga dapat memberikan nasihat untuk dipertimbangkan saat menyelesaikan masalah. Dengan kemajuan teknologi di masa kini, menghubungi orang-orang terdekat secara rutin pun sangat mudah meskipun sembari menjalankan protokol kesehatan.

 

Selain itu, pola hidup sehat juga sangat penting. Selalu jaga pola makan sehat dan rutin berolahraga setiap hari. Pola makan yang sehat bermanfaat karena kesehatan fisik mempengaruhi kesehatan emosional kita, sedangkan rutin berolahraga membantu pelepasan hormon endorphin yang membuat kita merasa lebih baik dan lebih positif. Pola makan yang sehat dapat dimulai dengan membatasi asupan gula harian. Waspada, asupan gula berlebih dapat menyebabkan masalah obesitas yang berkaitan erat dengan berbagai penyakit kronis seperti diabetes. Ingin menikmati rasa manis yang lebih sehat? Tak perlu khawatir, Tropicana Slim hadir dengan berbagai macam produk bebas gula yang memiliki rasa enak namun bebas gula dan rendah kalori seperti Tropicana Slim Sweetener, Tropicana Slim Madu, Tropicana Slim Topping Kental Manis, dan Tropicana Slim Sirup yang dapat memberikan rasa manis pada makanan dan minuman Anda tanpa rasa khawatir.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References:

  1. Efficacy of Yoga vs Cognitive Behavioral Therapy vs Stress Education for the Treatment of Generalized Anxiety Disorder: A Randomized Clinical Trial. 2021. JAMA Psychiatry 78(1):13-20.
  2. National Health Service UK
  3. US Centers for Disease Control and Prevention

 

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.