Apakah Susu Produk Halal?

Siapa yang tidak tahu pentingnya nutrisi di dalam susu? Susu merupakan produk kaya nutrisi dengan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain nutrisi yang terkandung di dalam susu, status halal produk merupakan hal yang tak kalah penting terutama di negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia. Produk halal merupakan produk yang berasal dari bahan halal, diolah secara halal, dan diproduksi di fasilitas yang tidak terkontaminasi bahan haram. Susu sebagai bahan pangan penting di kehidupan sehari-hari tentunya juga perlu diperhatikan status kehalalannya! Oleh karenanya, perlu dicermati beberapa hal yang dapat mempengaruhi status kehalalan produk susu.

Kehalalan susu tergantung dari sumber bahan baku, kemasan, proses pengolahan, dan fasilitas produksinya. Susu tentu tidak boleh berasal dari hewan yang tergolong haram. Sapi yang merupakan sumber susu paling umum di Indonesia merupakan hewan yang dianggap halal. Walau demikian, sumber hewan tidak menjamin kehalalan produk karena fasilitas dan metode pengolahan harus dipastikan bebas dari kontaminasi bahan haram. Bahan-bahan lain yang ditambahkan ke dalam susu pun tentu harus dijamin kehalalannya juga!

Susu yang beredar di pasaran biasanya adalah susu olahan atau sudah difortifikasi sehingga mengalami penambahan bahan lain seperti vitamin, mineral, dan pemberi rasa. Kehalalan dari bahan tambahan tersebut tentu juga menentukan status halal dari produk akhir susu sehingga perlu dipastikan bahwa sumber dan pengolahan tidak terkontaminasi bahan haram. Walau demikian, sebagai konsumen kita tidak perlu repot memastikan semua kehalalan karena sudah ada lembaga yang melakukan hal tersebut yaitu LPPOM MUI. Cukup mencari produk yang ada logo halal/ tersertifikasi MUI, maka produk yang akan kamu konsumsi sudah dijamin kehalalannya.

Untuk para konsumen produk Nutrifood, tidak perlu khawatir karena semua produk Nutrifood termasuk produk susu telah terdaftar dan tersertifikasi halal oleh MUI. Nutrifood memiliki tim manajemen halal yang memastikan terpenuhinya kebijakan, prosedur sertifikasi halal, dan 11 kriteria sistem jaminan halal. Sekarang, minum susu tidak perlu khawatir karena sudah ada produk susu keluaran Nutrifood yang sudah pasti halal, enak, dan kaya akan nutrisi!

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

 

Referensi:

Hartina, S. Syahrir, A. Atmaja, R.R.D. 2019. Analisis Kriteria Sistem Jaminan Halal pada Produksi Susu di PT. Greenfields Indonesia Tahun 2019. Journal of Islamic Pharmacy volume 4: 1-8

Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. 2021. Kriteria Sistem Jaminan Halal dalam HAS 23000. Jakarta: LPPOM MUI

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.