Atasi Stress dengan Pola Hidup Sehat

Stress tentu tak luput dari kehidupan sehari-hari. Stress memang bersifat universal, yang berarti bahwa stress dapat dialami semua orang meskipun penyebab dan tingkatan stress dapat berbeda-beda antar orang. Sebenarnya, seperti apa gejala stress? Dan bagaimana cara efektif mengatasinya?

 

Gejala stress

Sesungguhnya, ada banyak sekali gejala stress yang berbeda. Bahkan, American Institute of Stress menyatakan bahwa gejala stress dapat mencapai 50 macam. Gejala stress dapat bervariasi mulai dari gejala emosional maupun gejala fisik, serta dapat bersifat ringan ataupun berat.

 

Beberapa gejala fisik dari stress yang umum timbul antara lain sering mengalami sakit kepala, sering menggerus gigi dan kaku pada bagian rahang, nyeri pada bagian leher atau punggung dan kaku pada otot, rasa mual atau nyeri pada lambung, serta perubahan nafsu makan dan berat badan yang terjadi tanpa diinginkan atau diusahakan. Untuk gejala emosional dapat berupa rasa panik yang timbul mendadak, gangguan tidur seperti insomnia dan mimpi buruk, kesulitan mengambil keputusan dan gangguan kemampuan berkomunikasi, perasaan kesepian dan merasa tidak berharga, serta berbelanja secara impulsif.

 

Karena gejala yang timbul sangat bervariasi dan dapat tumpang-tindih dengan gangguan kesehatan lainnya, banyak orang yang tidak menyadari gejala-gejala stress ini. Padahal, mengenali gejala awal stress sangat penting agar dapat ditangani dengan baik. Untuk itu, belajar mengenali tanda-tanda yang diberikan tubuh akan bermanfaat dalam penanganan gangguan kesehatan termasuk stress.

 

Bagaimana mengatasi stress dengan baik?

Salah satu cara penting untuk membantu mengatasi stress adalah menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang bermanfaat menjaga kesehatan fisik dan mencegah berbagai macam penyakit kronis. Tubuh yang sehat jelas penting untuk kesehatan emosional yang baik.

 

Pola makan yang sehat juga bermanfaat untuk kualitas tidur yang baik di malam hari dan tingkat energi yang optimal sepanjang hari. Dan memang, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan sehat yang kaya akan buah, sayur, kacang-kacangan, dan bijian utuh sembari membatasi asupan gula dan lemak jahat ternyata berkaitan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Sebaliknya, ada kaitan positif antara gejala depresi dengan pola makan tidak sehat dengan banyak makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

 

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat bermanfaat. Olahraga diketahui dapat membantu mengurangi stress, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi ketegangan dan kecemasan. Manfaat olahraga ini salah satunya disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang berperan sebagai ‘penahan sakit’. Olahraga juga membantu memperbaiki kualitas tidur yang penting dalam menangani stress. Tidak harus memulai dengan olahraga berat, olahraga ringan pun sudah dapat memberikan manfaat. Setelah Anda terbiasa dan merasakan manfaat olahraga, akan lebih mudah untuk meningkatkan durasi dan intensitas olahraga.

 

Yang penting untuk diingat adalah bahwa tidak semua kondisi stress dapat diatasi sendiri dan tidak semua orang dapat mengatasi stress sendiri. Jika merasa kesulitan menghadapi stress, sangatlah penting untuk mencari bantuan ahli terutama jika stress sudah dirasa mulai mengganggu kehidupan sehari-hari atau berlangsung lama. Semakin cepat mencari bantuan, semakin cepat pula kondisi stress akan dapat ditangani dengan baik.

 

Untuk melengkapi pola hidup sehat untuk kesehatan fisik dan mental yang optimal, L-Men Daily dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan protein harian yang penting untuk menjaga agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya, diantaranya untuk menjaga sistem imun dan membantu proses recovery setelah berolahraga. Selain rendah lemak, L-Men Daily yang tersedia dalam varian rasa Dark Chocolate dan Popcorn Caramel juga mengandung L-Carnitine untuk membantu pembakaran lemak menjadi energi. Bagi yang mencari sumber protein nabati, pilih L-Men Plant Protein Ogura. L-Men Plant Protein Ogura adalah alternatif suplemen yang terbuat dari 100% protein nabati serta tinggi kalsium, bebas laktosa dan dan lebih rendah lemak sehingga efektif untuk membantu pembentukan otot optimal.

 

References:

  1. American Psychological Association
  2. Frontiers Young Minds (2020) doi:10.3389/frym.2020.00115
  3. Australian Government Department of Health and Aged Care
  4. Mental Health Foundation UK

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.