Banyak Duduk Ancam Kesehatan

Siapa yang pernah menghitung berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam sehari? Faktanya, aktivitas sehari-hari kita lebih banyak melibatkan kegiatan yang dilakukan dengan duduk mulai dari bekerja di depan komputer hingga menonton dan bermain gadget di waktu luang. Hal ini penting diwaspadai karena waktu duduk ternyata berkaitan dengan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular.

 

Efek negatif banyak duduk

Sebuah penelitian yang melibatkan 105.677 orang responden dari 21 negara menunjukkan bahwa lamanya waktu duduk terkait dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular. Diperoleh bahwa kelompok responden yang duduk selama ≥8 jam per hari teramati memiliki risiko kematian hingga 20% lebih tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular hingga 21% lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan mereka yang duduk <4 jam per hari. Tingkat risiko ini juga dipengaruhi oleh tingkat aktivitas harian responden, dimana risiko teramati semakin tinggi pada mereka yang duduk selama ≥8 jam per hari dan tidak aktif secara fisik yaitu mencapai 50% lebih tinggi.

 

Tips lebih banyak bergerak

Untuk mengurangi waktu duduk guna menjaga kesehatan, coba tips di bawah ini untuk memperbanyak gerak setiap hari:

  • Gunakan tangga, dan bukan lift
  • Buat pengingat untuk bangun dan bergerak setiap 30 menit waktu duduk
  • Kurangi waktu menonton televisi atau menggunakan gadget, ganti dengan aktivitas lain seperti bersepeda, berkebun, atau berjalan.
  • Berjalan di waktu istirahat dan setelah makan.

 

Agar dapat tetap aktif bergerak guna menjaga kesehatan, pastikan untuk menjaga kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang, termasuk hingga usia lanjut, sangat penting karena gangguan kesehatan tulang berkaitan dengan keterbatasan fisik dan gangguan mobilitas. Untuk menjaga kesehatan tulang, asupan kalsium yang mencukupi sangat penting karena kalsium merupakan komponen utama penyusun tulang. Selain itu, vitamin D juga diperlukan agar penyerapan kalsium lebih optimal.

 

Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D setiap hari dengan HiLo Gold. HiLo Gold adalah susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak dilengkapi dengan Glukosamin dan formula NUTRIFIT yang memenuhi 100% AKG vit B1, B3, B6, dan D untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Minum HiLo Gold tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak! 

 

References:

  1. JAMA Cardiology (2022) DOI: 10.1001/jamacardio.2022.1581
  2. UK

Share Article:

All rights reserverd.