Berat Badan Normal Juga Bisa Kena Diabetes

Meskipun obesitas atau berat badan berlebih berkaitan dengan meningkatnya risiko diabetes, bukan berarti diabetes hanya ditemukan pada mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada The Journal of the American Medical Association menunjukkan bahwa penderita diabetes yang memiliki berat badan normal memiliki risiko kematian hingga 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan penderita diabetes dengan berat badan berlebih. Kita harus lebih hati-hati, karena kasus diabetes pada mereka yang memiliki berat badan normal justru lebih banyak ditemukan di Asia.

Perlu diketahui bahwa berat badan bukanlah indikator obesitas yang tepat, karena tidak mencerminkan penumpukan lemak di dalam tubuh (baik jumlah maupun lokasi timbunan lemak). Orang yang terlihat kurus bisa saja memiliki timbunan lemak yang tinggi. Fenomena ini dikenal sebagai TOFI, atau Thin Outside Fat Inside. Sayangnya, kita sebagai orang Asia ternyata cenderung menumpuk lebih banyak lemak visceral. Padahal, justru timbunan lemak – terutama timbunan lemak di sekitar bagian perut, atau dikenal sebagai lemak visceral – yang berkaitan erat dengan penyakit sindrom metabolik, termasuk resistensi insulin dan diabetes. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab mengapa kasus diabetes pada mereka dengan berat badan normal lebih umum ditemukan pada orang Asia.

Salah satu cara untuk mendapatkan gambaran mengenai penumpukan lemak visceral adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Jadi selain berat badan, coba ukur lingkar pinggang Anda. Lingkar pinggang yang masih masuk dalam kategori normal adalah ≤ 90 cm untuk pria, dan ≤ 80 cm untuk wanita. Kombinasikan hasil pengukuran lingkar pinggang ini dengan hasil pengukuran indeks massa tubuh yang dihitung dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan yang dikuadratkan dalam satuan meter. Nilai indeks massa tubuh yang masuk dalam kategori normal untuk orang Asia adalah sebesar 18.5-22.9 kg/m2.

Karena itu, jaga asupan makanan Anda sehari-hari tetap sehat, termasuk dalam hal camilan. Kurangi camilan tinggi kalori, ganti dengan snack bebas gula yang enak seperti Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies. Perpaduan seimbang rasa manis dan gurih Hokkaido Cheese-nya sangat menggugah selera. Ngemil pun jadi bebas khawatir!

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode KONTROLGULA bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk Tropicana Slim Sweetener.

References:

  1. Association of Weight Status With Mortality in Adults With Incident Diabetes. 2012. The Journal of the American Medical Association; 308(6):581-590. doi:10.1001/jama.2012.9282
  2. Diabetes in Normal-Weight Individuals: High Susceptibility in Nonwhite Populations. 2019. Diabetes Care; 42(12): 2164-2166.
  3. Asian Diabetes Prevention Initiative.
  4. Visceral Adiposity and the Risk of Metabolic Syndrome Across Body Mass Index. 2014. JACC: Cardiovascular Imaging; 7(12): 1221–1235.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.