Bolehkah Wanita Angkat Beban?

Apakah Anda termasuk dalam golongan wanita yang tidak mau olahraga angkat beban karena takut badan menjadi besar dan berotot seperti pria? Ada kabar baik untuk Anda, ternyata itu MITOS.

Banyak rumor beredar bahwa olahraga angkat beban seperti menggunakan barbel maupun dumbbell akan membuat tubuh wanita menjadi berotot seperti pria, sehingga banyak wanita yang enggan berolahraga angkat beban. Memang benar olahraga angkat beban akan melatih dan membentuk otot, namun bukan berarti selalu menjadi besar dan berotot seperti pada pria. Wanita dan pria tentunya secara fisiologis memiliki perbedaan. Dalam kaitannya dengan pembentukkan otot, pria memiliki hormon testosteron yang lebih banyak, sehingga pria lebih mudah dan cepat membentuk otot dibandingkan wanita. Butuh usaha yang lebih tinggi bagi wanita dari segi porsi latihan, porsi nutrisi, dan bahkan tambahan suplemen untuk bisa membentuk otot yang lebih besar. Jadi, para wanita tidak perlu takut untuk melakukan olahraga angkat beban. Malah, olahraga angkat beban yang dikombinasikan dengan olahraga aerobik dapat membuat tangan dan kaki wanita menjadi lebih kencang. Selain itu, latihan angkat beban juga memberikan manfaat lebih bagi kesehatan, seperti tulang yang lebih kuat, proses metabolisme dalam tubuh yang lebih baik, meningkatkan kekuatan, juga membantu pembakaran lemak yang pada akhirnya membantu mencapai body goal yang lebih ideal1,2. Tentunya juga disertai dengan pola makan yang seimbang dan tepat serta istirahat yang cukup.

Jadi masih percaya kalau wanita tidak boleh angkat beban? Kalau bisa bantu kamu mencapai body goal, kenapa enggak? Selain dengan menambah olahraga angkat beban ke daftar olahraga Anda, jangan lupa cukupi kebutuhan protein harian untuk membantu memulihkan otot yang dipakai berolahraga. L-Men 2Go hadir untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian. Susu protein tinggi yakni 12 gram persajian dengan kemasan yang praktis menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu olahragamu.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

Ref:

  1. Rohloff, Alexandra, "Women and Weight Training" (2013). Sport Management Undergraduate. Paper 71.
  2. American Council on Exercise. (2014). 4 Myths about Strength Training for Women. https://www.acefitness.org/education-and-resources/professional/expert-articles/5040/4-myths-about-strength-training-for-women/

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.