Buah Dukung Kesehatan Mental dengan Tangkal Depresi

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang penting diperhatikan, kesehatan mental juga sangat penting untuk kita jaga. Kesehatan mental sangat penting karena akan memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan kita. Kesehatan mental juga menentukan bagaimana kita bisa menghadapi stress, berinteraksi dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Salah satunya, dengan memilih makanan dan cemilan yang tepat!

 

Makanan sehat dukung kesehatan mental

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada British Journal of Nutrition menunjukkan bagaimana pemilihan makanan dapat memengaruhi kesehatan mental. Diperoleh bahwa mereka yang lebih sering mengonsumsi buah (di luar dari jumlah buah total yang dikonsumsi) ternyata memiliki nilai skor depresi yang lebih rendah dan skor mental wellbeing yang lebih tinggi.

 

Manfaat buah terhadap kesehatan mental ini diduga terkait dengan kandungan senyawa antioksidan, serat, dan mikronutrisi penting lainnya pada buah. Walaupun senyawa-senyawa aktif ini juga dapat ditemukan pada bahan makanan lain, manfaat yang diperoleh melalui konsumsi buah akan dapat lebih optimal karena buah umum dikonsumsi secara langsung yaitu tanpa proses pemasakan atau pengolahan lebih lanjut yang berpotensi merusak dan menurunkan kandungan senyawa-senyawa aktif.

 

Makanan tidak sehat ganggu kesehatan mental

Sebaliknya, pemilihan makanan yang kurang sehat dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan mental. Mereka yang sering mengonsumsi makanan asin rendah nutrisi (seperti keripik asin) diketahui memiliki skor mental wellbeing yang lebih rendah dan lebih sering mengalami ‘everyday mental lapses’. Kejadian mental lapses ini misalnya melupakan tempat meletakkan benda, lupa alasan atau hal yang akan dilakukan saat masuk ke ruangan tertentu, atau tidak dapat mengingat nama kenalan yang terasa familiar. Lebih sering mengalami kejadian mental lapses diketahui terkait dengan gejala kecemasan, stress, dan depresi yang lebih tinggi; serta skor mental wellbeing yang lebih rendah.

 

Ternyata, memilih makanan yang tepat dan sehat tidak hanya penting untuk tubuh namun juga kesehatan mental kita. Untuk kesehatan mental dan fisik yang optimal, tentunya perlu dikombinasikan dengan pola hidup sehat secara menyeluruh termasuk rutin berolahraga, cukup istirahat, serta mengelola stress dengan baik. Tak lupa, pola makan sehat secara umum yang kaya nutrisi juga penting.

 

Jaga pola makan sehat dengan pemilihan makanan yang tepat guna menjaga kesehatan fisik dan mental. Selain mengonsumsi buah, lengkapi juga dengan minum susu HiLo Platinum yang lebih tinggi kalsium untuk jaga kesehatan tulang serta tinggi protein untuk bantu jaga massa dan kekuatan otot. Susu HiLo Platinum juga lebih rendah lemak namun tetap dengan rasa yang nikmat serta dilengkapi dengan glukosamin untuk bantu jaga sendi supaya tetap gesit. Selalu aktif, sehat, dan bahagia dengan HiLo Platinum.

 

References:

British Journal of Nutrition (2022) DOI: 10.1017/S0007114522001660

Share Article:

Copyright © 2023 Nutrimart. All rights reserved.