Diabetes dan Alas Kaki

Mitos atau fakta: Bagi diabetesi, berjalan tanpa menggunakan alas kaki baik untuk kesehatan, terutama saat berjalan di atas permukaan kasar.

Jawabannya: MITOS. Faktanya, diabetesi justru rentan mengalami berbagai masalah pada bagian telapak kaki. Salah satunya, gangguan sistem syaraf akibat komplikasi diabetes dapat menyebabkan hilangnya rasa pada bagian telapak kaki. Akibatnya, luka yang timbul sering tidak disadari sehingga berujung pada infeksi. Ditambah lagi, terganggunya sistem peredaran darah pada diabetesi menyebabkan luka lebih sulit sembuh dan menurunnya kemampuan tubuh melawan infeksi. Komplikasi-komplikasi ini menyebabkan diabetesi lebih berisiko mengalami amputasi dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita diabetes.

Karenanya, diabetesi disarankan untuk selalu menggunakan alas kaki yang tepat baik di dalam maupun luar ruangan. Beberapa tips lain yang dapat diikuti untuk mencegah gangguan pada kaki pada penderita diabetes:

  • Rutin memeriksa kondisi telapak kaki setiap hari. Hal ini penting mendeteksi adanya luka sedini mungkin sehingga dapat segera diatasi dengan baik.
  • Bersihkan kaki setiap hari dan keringkan dengan baik.
  • Pilih jenis alas kaki dengan ukuran yang tepat dan bentuk yang sesuai dengan telapak kaki.
  • Gunakan kaos kaki sebelum mengenakan alas kaki untuk mengurangi tingkat gesekan dengan kulit.
  • Selalu periksa alas kaki sebelum digunakan untuk memastikan kondisi alas kaki baik dan tidak ada benda asing di dalam alas kaki yang dapat melukai telapak kaki.
  • Jaga peredaran darah ke bagian kaki dengan mengangkat kaki lurus ke depan saat duduk, menggerakan ibu jari kaki selama beberapa menit setiap hari, menghindari penggunaan kaos kaki yang terlalu ketat, lebih aktif bergerak setiap hari, serta hindari merokok.

 

Sebelum sampai jadi diabetes, lebih baik jaga gula darah Anda dari sekarang. Tropicana Slim memiliki berbagai varian produk bebas gula, salah satunya Topping Kental Manis Tropicana Slim yang bebas gula, untuk Anda tambahkan ke makanan-minuman favorit Anda seperti es campur, sop buah, buah alpukat, roti panggang, dan lain-lain. Santapan jadi lebih sehat, dengan rasa yang tetap nikmat!

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode KONTROLGULA bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk Tropicana Slim Sweetener.

References:

  1. Foot Complications. 2020. American Diabetes Association.
  2. Diabetic Foot Australia guideline on footwear for people with diabetes. 2018. Journal of Foot and Ankle Research, 11: 2.
  3. Diabetes and Foot Problems. 2017. The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease.

Share Article:

All rights reserverd.