Diet Berlebih, Bikin Lemot


Berat badan ideal tentunya dambaan banyak orang. Tidak hanya untuk menjaga penampilan saja, berat badan ideal juga penting untuk tingkat kesehatan yang optimal dan menghindari berbagai macam penyakit kronis. Sayangnya, banyak orang yang memilih diet yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat. Padahal diet semacam ini dapat berbahaya untuk kesehatan!

 

Apa itu fad diet?

Fad diet adalah program diet yang menjanjikan penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat dengan pembatasan makanan yang ketat atau konsumsi makanan tertentu yang spesifik1.

 

Ciri-ciri fad diet1,2:

  • Menawarkan solusi yang mudah dan cepat
  • Menjanjikan hasil penurunan berat badan dalam waktu singkat
  • Didasari bukti ilmiah yang terbatas
  • Menggunakan nama-nama lembaga kesehatan yang kredibel
  • “Good food” vs “Bad food”
  • Anjuran menghindari salah satu dari 5 kelompok makanan utama

 

Efek negatif fad diet

Diet yang ekstrim tanpa memperhatikan asupan nutrisi harian akan berdampak negatif untuk kesehatan, termasuk mengganggu daya konsentrasi dan kemampuan berpikir3. Diet seperti ini juga berkaitan dengan berbagai macam gangguan kesehatan seperti lemas, sakit kepala, konstipasi, kerontokan rambut, dan kehilangan massa otot. Apabila dijalankan dalam jangka waktu panjang, diet yang ekstrim dapat menyebabkan malnutrisi dan dehidrasi yang justru berbahaya untuk tubuh. Tidak hanya itu, diet yang ekstrim juga sulit dipertahankan sehingga berkaitan dengan kenaikan berat badan kembali sesudahnya atau dikenal sebagai diet yo-yo4.

 

Cara sehat menurunkan berat badan

Pada dasarnya, penurunan berat badan terjadi berdasarkan keseimbangan kalori yaitu saat kalori yang masuk dari makanan lebih kecil dibandingkan dengan kalori yang digunakan untuk beraktivitas. Untuk itu, cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori harian sembari tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi seimbang dan dikombinasi dengan rutin berolahraga untuk meningkatkan jumlah kalori yang digunakan setiap hari5.

 

Salah satu yang penting diperhatikan saat berdiet adalah cemilan karena cemilan umumnya tinggi kalori, gula, dan lemak. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh mengemil! Yang terpenting adalah memilih jenis cemilan yang tepat karena dapat bermanfaat menjaga kondisi energi sepanjang hari, mencegah rasa lapar berlebihan sebelum waktu makan berikut, dan membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Mencari cemilan yang sehat tapi tetap enak? Cobalah Tropicana Slim Korean Garlic Butter Cookies yang bebas gula dengan kalori terkontrol sehingga cocok untuk diabetes & diet namun memiliki rasa enak dengan perpaduan seimbang rasa kukis garlic butter yang gurih. Sembari menyantap cemilan sehat, secangkir kopi tentunya jadi teman yang nikmat, apalagi kopi yang bebas gula. Tropicana Slim White Coffee dan Café Latte hadir untuk menemani waktu nyemil Anda.

 

References:

  1. The Associations of British Dietitians
  2. Cleveland Clinic
  3. National Centre for Eating Disorders
  4. WebMD
  5. NHS UK

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.