Diet Tanpa Lapar? Efektif ga tuh?

Angkat tangan siapa yang sedang berjuang menurunkan berat badan? Tak mudah ya ternyata untuk menggeser jarum timbangan ke arah kiri. Semua usaha sudah dilakukan. Porsi nasi dikurangi, gorengan dijauhi, ice-cream dimusuhi. Kalau lihat makanan kesukaan terhidang di meja, aduh perut bunyi keras, protes keroncongan! Nah, wajar ga sih menahan lapar berlebihan saat diet? Kalau tidak lapar, artinya dietnya ga efektif, tuh!

Mitos, kawan-kawan! Diet memang identik dengan mengurangi porsi makanan sehingga tentunya berkaitan dengan rasa lapar. Tapi sebenarnya, diet untuk menurunkan berat badan tidak harus dilakukan secara ekstrim hingga merasa lapar sepanjang hari. Bahkan, diet ekstrim semacam ini cenderung tidak kontinu karena tidak dapat dilakukan untuk waktu yang lama. Sebaiknya, buat target untuk menurunkan berat badan secara bertahap melalui pengaturan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Selain itu, pola makan sehat bukan berarti harus makan lebih sedikit! Kuncinya adalah memilih jenis makanan yang tepat, yaitu dengan mengurangi makanan yang tinggi kalori namun rendah nutrisi. Gantikan dengan makanan yang lebih rendah kalori namun tetap mengenyangkan misalnya makanan yang tinggi air dan tinggi serat seperti buah, sayur, dan bijian utuh.

Lalu, bagaimana dengan snacking? Boleh atau tidak ngemil selama diet? Yang menjadi masalah bukanlah kegiatan mengemil, melainkan jenis dan jumlah cemilan yang dikonsumsi. Cemilan sehat dalam jumlah yang sesuai justru bermanfaat untuk menjaga level energi sepanjang hari serta mencegah rasa lapar berlebihan sebelum waktu makan berikutnya. Dalam memilih cemilan, hindari cemilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Sebaliknya, pilih cemilan kaya nutrisi dengan kalori yang terkontrol. Beberapa cemilan yang bisa dicoba, antara lain buah-buahan, kacang panggang, smoothies, yogurt atau kukis bebas gula. Tropicana Slim memiliki kukis rasa Hokkaido Cheese, Korean Garlic dan Korean Goguma  yang renyah, bebas gula dan kalori terkontrol, cocok untuk menemani diet Anda.

References:

  1. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpa/nutrition/pdf/energy_density.pdf
  2. Am J Public Health. (2016);106(9): 1656–1662.
  3. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/ten-weight-loss-myths/
  4. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/add-color/healthy-snacking

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.