Fakta Dibalik Kue Ulang Tahun

Potong kuenya! Potong kuenya! Potong kuenya sekarang juga!

Tentunya kamu tidak asing dengan potongan lagu tersebut kan? Lagu tersebut pastinya sangat melekat dengan perayaan ulang tahun. Ya! kue ulang tahun adalah salah satu dessert yang tak boleh terlewatkan saat momen ulang tahun. Pastinya kita ingin memilih kue favorit pada saat momen satu kali setahun ini. Namun tahukah kamu? bahwa pada umumnya, kue ulang tahun mengandung gula dan lemak yang tinggi sehingga kurang baik bagi kesehatan. Memang, berapa sih kandungan gula dan lemak pada kue ulang tahun ?

 

Kandungan lemak dan gula pada beberapa jenis kue2

 

Jenis cake

Satuan

Gula

Lemak

1.

Fruit cake, un-iced

Per 1 slice (60 gram)

20.94 gram

8.34 gram

2.

Cupcake, iced

Per 1 slice (40 gram)

14.60 gram

5.96 gram

3.

Cheesecake

Per 1 slice (98 gram)

19.21 gram

21.76 gram

4.

Butter cake

Per 1 slice (90 gram)

27.14 gram

17.13 gram

5.

Black forest cake

Per 1 slice (74 gram)

22.20 gram

14.28 gram

6.

Sponge cake with jam and cream

Per 1 slice (54 gram)

17.66 gram

7.56 gram

 

Padahal, batas asupan gula dan lemak yang dianjurkan Kementrian Kesehatan RI hanya 50 gram per hari untuk gula dan 67 gram per hari untuk lemak1 lho. Lalu, apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk membuat kue ulang tahun kita menjadi lebih sehat ? Yuk, simak tips untuk membuat kue ulang tahun sehat3 berikut ini:

 

Pertama, PORSI

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah memperhatikan porsi dari kue ulang tahun tersebut. Porsi kue yang sesuai akan membantu kita mengatur pola makan menjadi lebih baik sehingga gula, lemak, dan kalori yang masuk kedalam tubuh tidak berlebih.

 

Kedua, BAHAN BAKU

Dalam pembuatan kue ulang tahun sendiri, kita juga harus memperhatikan bahan yang kita gunakan. Kue ulang tahun yang menggunakan bahan berkualitas tinggi akan lebih memuaskan keinginan konsumsi kita, walaupun dalam porsi yang lebih kecil. Misalnya, dengan menggunakan vanilla beans daripada vanilla extract, serta menggunakan coklat yang berkualitas sehingga rasa yang dikeluarkan lebih tajam. Jadi, walaupun dengan porsi yang lebih sedikit, kita sudah merasa puas.

 

Ketiga, TAMBAH BAHAN KAYA NUTRISI

Penambahan bahan kaya nutrisi juga dapat membuat kue ulang tahun kita menjadi lebih sehat loh! Penambahan buah atau sayuran seperti apel, wortel, dan pisang dapat memperkaya nutrisi dan rasa pada kue. Kita juga dapat mengganti tepung terigu yang kita gunakan menjadi whole-grain flour yang lebih sehat, baik sepenuhnya maupun sebagian. Selain itu, mengganti bahan menjadi lebih rendah lemak juga dapat menjadi salah satu pilihan, seperti penggunaan susu rendah lemak.

 

Keempat, PENGURANGAN JUMLAH GULA

Terakhir, hal tak kalah penting dalam membuat kue ulang tahun kita menjadi lebih sehat adalah melakukan pengurangan jumlah gula pada kue. Namun harus diakui, kue ulang tahun yang tidak memiliki rasa manis kurang enak rasanya. Maka dari itu, cara lain yang dapat kita lakukan adalah mengganti gula pada kue menjadi gula rendah kalori. Untungnya, sekarang ada Tropicana Slim Sweetener refill. Produk pemanis bebas gula dan rendah kalori ini dapat kita gunakan untuk menggantikan gula pasir dalam kue ulang tahun kamu sehingga keluarga Indonesia tetap bisa menikmati kue ulang tahun yang manis, tetapi rendah kalori dan tanpa gula pasir. Enjoy your birthday with Tropicana Slim.

 

References :

  1. Atmarita, Jahari AB, Sudikno, Soekatri M. 2016. Asupan gula, garam, dan lemak di Indonesia: Analisis Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. J Gizi Indonesia. 39(1): 1-14.
  2. Singapore Nutrient Database

Cox J. 2019. Healthy baking alternatives. Eat Right: Academy of Nutrition and Dietetics.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.