Garam Berlebih Banyak Bahayanya!

Segala sesuatu yang berlebih jelas tidak baik, termasuk garam. Yang paling sering dikaitkan dengan konsumsi garam berlebih tentunya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tapi ternyata, efek negatif konsumsi garam berlebih terhadap kesehatan tidak hanya berkaitan dengan tekanan darah. Faktanya, konsumsi garam berlebih juga dapat berpengaruh negatif terhadap organ tubuh lain.

 

Efek negatif garam berlebih

Sudah cukup banyak data yang menyimpulkan bahwa konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit hipertensi1. Tidak hanya itu, terdapat hasil-hasil penelitian lain yang menunjukkan bagaimana efek negatif konsumsi garam berlebih juga dapat memengaruhi organ-organ tubuh lainnya2.

 

Salah satunya, sebuah jurnal review yang dipublikasikan pada Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa konsumsi garam berlebih ternyata dapat berpengaruh negatif terhadap fungsi sel otak dan respons sistem syaraf. Selain itu, garam berlebih juga berkaitan dengan penebalan dinding jantung, gangguan fungsi ginjal, serta kerusakan dan kekakuan pembuluh darah arteri. Yang lebih menyeramkan, efek negatif pada organ-organ tubuh ini ternyata sudah dapat terjadi walaupun kenaikan darah belum teramati2.

 

Batasi garam!

Untuk menghindari risiko-risiko kesehatan ini, pola makan sehat sembari membatasi asupan garam jelas penting. Batasilah asupan garam harian agar tidak lebih dari 5 gram (1 sendok teh) per hari. Waspada! Data Riset Kesehatan Dasar Indonesia di tahun 2018 menunjukkan bahwa 29.7% orang Indonesia mengonsumsi makanan asin 1 kali per hari3.

 

Untuk menjaga asupan garam agar dapat sesuai dengan batas konsumsi yang ditetapkan, simak tips berikut ini4,5:

  • Perbanyak produk segar (seperti buah dan sayur), serta kurangi makanan olahan.
  • Batasi penambahan garam saat memasak dan makan. Selalu cicipi masakan terlebih dahulu sebelum menambahkan garam saat memasak.
  • Batasi penambahan saus, kecap, dan sambal saat memasak dan makan karena umumnya tinggi garam. Sebagai alternatif, saus atau kecap yang rendah garam dapat menjadi pilihan.
  • Selalu perhatikan label makanan sebelum membeli produk makanan. Pilih produk dengan kandungan garam atau sodium yang lebih rendah.

 

Sulit mengurangi saus dan kecap karena tetap ingin masakan terasa gurih dan enak? Cobalah produk-produk rendah garam dari Tropicana Slim seperti Tropicana Slim Kecap Manis yang bebas gula dan rendah garam dan Tropicana Slim Kecap Asin untuk cita rasa gurih dan nikmat namun lebih rendah garam. Dan sebagai pendamping segala macam lauk saat makan, gunakan Tropicana Slim Sambal Terasi yang dibuat tanpa penambahan gula dan rendah garam. Tetap enak tapi sehat dengan Tropicana Slim.

 

References:

  1. Nutrients (2019) doi: 3390/nu11091970
  2. Journal of the American College of Cardiology (2015) DOI: 10.1016/j.jacc.2014.12.039
  3. Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2018
  4. American Heart Association
  5. World Health Organization

Share Article:

All rights reserverd.