Good for Heart and Hypertension

Tips Untuk Membatasi Asupan Kalori dalam Diet Sehari-hari

Konsep mempertahankan berat badan ideal adalah menjaga keseimbangan asupan kalori yang masuk dari makanan atau diet harian; dan kalori yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik dan kerja organ tubuh. Untuk mencegah pertambahan berat badan yang tidak diinginkan, penting untuk tetap aktif dengan bergerak dan berolahraga setiap hari, sambil menjaga agar asupan kalori dari diet sehari-hari tidak berlebihan.

Read more

Jaga Kolesterol dan Tekanan Darah Sejak Dini: Mengapa dan Bagaimana?

Siapa yang masih berpikir menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi hanya perlu menjadi perhatian mereka yang usianya sudah beranjak tua? Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyoroti hubungan antara kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dengan risiko penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis, bahkan pada subjek usia muda. Temuan ini menegaskan pentingnya memperhatikan kesehatan kardiovaskular sejak dini, termasuk selalu menjaga kondisi kolesterol dan tekanan darah.

Read more

Tips Cegah Stroke Sejak Dini

Sebenarnya, hingga 80% dari kasus stroke yang terjadi dapat dicegah. Pencegahan stroke dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat serta berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mengontrol faktor-faktor risiko stroke. Pola hidup sehat seperti apa yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke?

Read more

Stress Bikin Hipertensi?

Keseharian yang penuh kesibukan dan tantangan tentu ada kalanya membuat kita stress. Sayangnya, stress tidak bisa dihindari. Mengatasi stress dengan baik sangat penting karena stress yang berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat berpengaruh negatif, termasuk untuk kesehatan. Salah satu efek negatif stress yang sering didengar adalah stress dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi perlu diwaspadai karena berkaitan dengan banyak komplikasi kesehatan yang berbahaya. Tapi, apakah stress benar bisa menyebabkan hipertensi?

Read more

Sering Marah-Marah Tandanya Darah Tinggi, Masa Iya?

Ada banyak mitos terkait dengan hipertensi. Salah satunya, hipertensi sering dikaitkan dengan sering marah-marah. Hipertensi juga dikatakan lebih banyak dialami wanita karena wanita lebih sering marah-marah. Ternyata hal ini tidak tepat karena hipertensi sesungguhnya sering timbul tanpa gejala dan dapat menyerang siapa saja.

Read more

Keseringan Minum Kopi, Bikin Hipertensi?

Alasan banyak orang mengonsumsi kopi sangat bervariasi. Ada yang merasa sulit berkonsentrasi tanpa kopi, ada yang menyukai kombinasi rasa berbagai minuman kopi kekinian, atau ada juga hanya merasa bahwa minum kopi bagaikan rutinitas harian yang tak bisa terlewatkan. Walaupun banyak digemari, kopi sering dikatakan bisa menyebabkan hipertensi. Apakah benar bahwa kopi bisa menyebabkan hipertensi?

Read more

Kaldu Ternyata Tinggi Garam

Saat memasak, kaldu bubuk menjadi salah satu bahan masakan yang umum digunakan. Kaldu bubuk memang dapat memberikan rasa gurih pada berbagai macam masakan dengan lebih praktis. Tapi dibalik kemudahan penggunaan serta rasanya yang enak dan gurih, kaldu bubuk ternyata bisa mengganggu kesehatan jika penggunaannya tidak dibatasi dengan baik. Hal ini terkait dengan tingginya kandungan garam pada kaldu bubuk. Ingat, konsumsi garam berlebih dapat berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi.

 

Read more

Kebanyakan Jajan di Luar Bikin Hipertensi?

Banyaknya opsi restoran yang dapat ditemukan di mana saja dengan pilihan menu makanan yang sangat bervariasi dan menarik tentunya membuat makan di luar menjadi rutinitas tersendiri. Ditambah dengan mudahnya memesan secara online, frekuensi makan di luar tentu tanpa disadari semakin meningkat. Tapi walau lebih mudah dan praktis, kebiasaan makan di luar ternyata berpotensi mengganggu kesehatan. Salah satunya, dapat terkait dengan kondisi pre-hipertensi.

Read more

Kaldu Jamur Ngga Selalu Lebih Sehat

Kaldu merupakan salah satu bumbu yang umum digunakan saat memasak. Kaldu biasa digunakan untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada berbagai macam menu masakan. Kaldu sendiri sesungguhnya ada banyak jenis, salah satunya kaldu bubuk. Selain itu, berbagai macam merk kaldu bubuk juga dapat kita temukan di pasaran. Di antara jenis kaldu bubuk yang ada, salah satu jenis kaldu yang sedang popular adalah kaldu jamur. Kaldu jamur seringkali dianggap lebih sehat karena terbuat dari jamur. Apakah hal ini benar?

Read more

Cukupkah Cegah Hipertensi Hanya Dengan Batasi Garam?

Kondisi hipertensi atau penyakit darah tinggi sudah diketahui berkaitan erat dengan konsumsi garam berlebih. Karena terkait dengan konsumsi garam yang tinggi, tidak sedikit orang yang kemudian berusaha mengurangi penggunaan garam dapur saat memasak dan makan agar bisa menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi. Tapi, apakah mengurangi garam dapur saja sudah cukup untuk cegah hipertensi? Ternyata, belum cukup!

Read more

Tidur Jaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Data ini tentu semakin menegaskan pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini. Untuk menjaga kesehatan jantung, pola hidup sehat secara menyeluruh misalnya menjaga berat badan, pola makan sehat, dan rutin berolahraga penting dilakukan. 

Read more

Tangkal Hipertensi Tanpa Pandang Usia

Salah satu persepsi mengenai kondisi hipertensi adalah hipertensi pasti akan dialami saat menua nanti. Sebaliknya hipertensi tidak bisa menyerang mereka yang masih muda. Apakah persepsi ini benar? Benarkah kita pasti akan menderita hipertensi saat berusia lanjut dan apakah yang muda pasti bebas hipertensi?

 

Read more

Makanan instan tingkatkan risiko hipertensi?

Semakin banyak pilihan makanan instan yang tersedia membuat makanan instan sulit dipisahkan dari keseharian kita. Makanan instan dengan cepat menjadi kesukaan banyak orang karena memiliki rasa yang enak serta praktis dan mudah disajikan. Tapi dibalik rasanya yang enak dan praktis, sering mengonsumsi makanan instan dapat menyimpan bahaya kesehatan. Salah satunya, terkait dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi.

Read more

Kesal Karena Lapar?

Pernah dengar istilah hangry? Istilah yang muncul dari kombinasi kata 'angry' dan 'hungry' ini merujuk pada kondisi emosi negatif seperti kesal dan marah yang timbul akibat rasa lapar. Apakah fenomena hangry ini benar ada? Ternyata hal ini benar! Rasa lapar memang benar bisa membuat kita lebih mudah kesal dan marah.


Read more

1 2 3 4 5 ... 7 Next Page
All rights reserverd.