Gula Bikin Berlemak

Saat udara panas, enaknya minum bubble tea atau minuman soda yang dingin. Saat cuaca dingin, kopi instan atau teh manis hangat sering jadi pilihan. Tapi, pernahkah Anda menghitung kandungan gula pada berbagai minuman manis yang sering menjadi pilihan pelepas dahaga ini?

 

Ternyata, 1 gelas minuman bubble tea bisa mengandung 3 sendok makan gula, sama banyaknya dengan kandungan gula pada 1 kaleng minuman soda. Gula yang terkandung pada 1 sachet kopi instan dan teh manis memang lebih sedikit, namun setidaknya mencapai 1 sendok makan gula. Angka-angka ini mungkin terkesan sedikit, tapi sesungguhnya kandungan gula pada minuman-minuman ini sangat banyak jika dibandingkan dengan anjuran batasan konsumsi gula harian yang hanya 4 sendok makan.

 

Apa bahayanya mengonsumsi minuman manis tinggi gula seperti ini? Ternyata banyak sekali efek negatif yang dapat timbul untuk kesehatan. Salah satunya, sebuah penelitian lain terhadap 3.070 orang menunjukkan bagaimana konsumsi gula dapat berkaitan dengan penumpukan lemak tubuh. Diketahui bahwa konsumsi gula dan minuman manis yang mengandung gula ternyata berkaitan dengan penumpukan lemak, termasuk lemak di sekitar organ dalam (lemak visceral), yang lebih tinggi. Hal ini sangat berbahaya karena lemak visceral berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit sindrom metabolik seperti diabetes dan penyakit jantung.

 

Data ini juga didukung oleh penelitian lain pada jurnal ilmiah Circulation yang menyimpulkan bahwa konsumsi minuman manis berkaitan dengan peningkatan kadar lemak visceral (kadar lemak di sekitar di dalam tubuh pada 6 tahun kemudian. Semakin sering mengonsumsi minuman manis, semakin tinggi pula peningkatan lemak visceral yang dialami.

 

Minuman manis memang bisa sangat menggoda, namun kenikmatannya tidak sebanding dengan bahaya kesehatan yang dapat timbul. Ingin tetap dapat menikmati rasa manis tanpa khawatir? Cobalah bermacam produk bebas gula dari Tropicana Slim dengan rasa yang enak namun tidak mengandung gula atau sukrosa. Produk dari Tropicana Slim juga tersedia dalam berbagai macam variasi produk yang sesuai untuk segala suasana.

 

Maniskan minuman dingin dengan Tropicana Slim Sirup yang memiliki 3 varian rasa menyegarkan namun bebas gula sehingga tak perlu khawatir dengan batas asupan gula harian. Anda juga bisa menyegarkan hari yang terik dengan Tropicana Slim Sweet Orange, minuman jeruk bebas gula dengan rasa manis nikmat yang segar. Dan saat mencari minuman hangat, Tropicana Slim White Coffee dapat menjadi pilihan, bebas gula dan rendah kalori namun dengan rasa kopi yang mantap dan aroma yang menggoda. Tetap manis, lebih sehat dengan Tropicana Slim.

 

References:

  1. Circulation (2016) org/10.1161/CIRCULATIONAHA.115.018704
  2. European Journal of Preventive Cardiology (2020) DOI: 10.1177/2047487320931303
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  4. American Heart Association

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.