Hidup Sehat Bersama Pasangan

Siapapun tentu ingin hidup sehat bersama pasangan hingga usia lanjut nanti, tanpa gangguan kesehatan serta dapat bebas beraktivitas bersama dan menikmati keseharian. Salah satu yang perlu diwaspadai dalam menjaga kesehatan adalah kondisi hipertensi. Hipertensi dikenal sebagai pembunuh senyap karena sering timbul tanpa gejala. Hipertensi yang tidak terkontrol diketahui berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, hingga kasus kematian dini. Apa yang bisa dilakukan agar bisa bebas hipertensi dan selalu sehat bersama pasangan?

 

Mulai dari kita

Tahukah Anda kalau pasangan akan semakin mirip satu sama lain? Sebuah penelitian terhadap responden dari Belanda dan Jepang menunjukkan bahwa pasangan ternyata memiliki banyak kemiripan termasuk dalam kondisi kesehatan mereka.

 

Data penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan suami istri ternyata saling memiliki kemiripan satu sama lain dalam hal gaya hidup dan karakteristik fisik termasuk kebiasaan merokok, berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Tidak hanya itu, juga ditemukan adanya keterkaitan dalam hal tekanan darah, kadar kolesterol darah, dan kadar trigliserida darah pada masing-masing pasangan; dimana ketiga parameter ini berkaitan erat dengan risiko penyakit hipertensi dan kondisi sindrom metabolik lainnya.

 

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bagaimana gaya hidup dapat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan dan risiko penyakit seseorang. Pasangan suami istri yang sesungguhnya saling memiliki pola genetik berbeda ternyata dapat memiliki karakteristik fisik dan risiko penyakit yang saling berkaitan karena menjalani gaya hidup yang cenderung serupa. Hal ini tentunya dapat menjadi alasan penting dalam menjalankan pola hidup sehat karena tidak hanya memengaruhi kondisi kesehatan kita, namun juga orang terdekat kita.

 

Tangkal hipertensi dengan pola hidup sehat

Pola hidup sehat seperti apa yang penting dilakukan untuk mencegah hipertensi? Salah satunya, batasi asupan garam harian. Pembatasan asupan garam harian ini penting dalam mengontrol tekanan darah karena data-data yang ada sudah menunjukkan bagaimana asupan garam berlebih berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko terkena hipertensi. Pembatasan garam tentunya juga perlu didukung dengan pola makan sehat secara menyeluruh termasuk memperbanyak buah dan sayur, memilih bijian utuh (nasi merah, oat, atau gandum utuh), mengurangi makanan yang digoreng, serta rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu.

 

Selain pola hidup sehat agar bebas hipertensi dan gangguan kesehatan lain, kita juga perlu menjaga kesehatan tulang dan kekuatan otot agar bisa bebas beraktivitas dan menikmati keseharian bersama pasangan. Sempurnakan pola hidup sehat dengan HiLo Platinum yang merupakan susu lebih tinggi kalsium yang penting untuk bantu pembentukan tulang yang sehat dan menjaga kekuatan tulang. HiLo Platinum juga tinggi protein untuk bantu jaga massa dan kekuatan otot dan menghambat kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia, serta dilengkapi dengan Glukosamin untuk bantu jaga sendi supaya tetap gesit. HiLo Platinum juga lebih rendah lemak namun dengan rasa yang enak.

 

References:

  1. American Heart Association
  2. Atherosclerosis (2021) DOI: 10.1016/j.atherosclerosis.2021.08.037

Share Article:

All rights reserverd.