Hindari Stress Dengan Lebih Efisien Mengingat

Kesibukan sehari-hari membuat kita harus bisa melakukan segala sesuatu dengan efisien dan cepat. Sayangnya, tuntutan untuk bisa selalu efisien dan cepat dapat membuat kita menjadi stress dan mengganggu kesehatan mental. Apabila tidak diatasi dengan baik, stress yang timbul ini justru dapat mengganggu efisiensi dan produktivitas harian kita.

 

Salah satu hal yang dapat memicu stress saat melakukan tugas sehari-hari adalah saat kita kesulitan mengingat. Melupakan hal-hal penting jelas dapat menyebabkan masalah yang kemudian dapat berakibat pada timbulnya stress. Bagaimana cara agar bisa lebih efisien mengingat sehingga tidak ada hal penting yang terlupakan? Cobalah dengan membuat catatan di buku atau kertas.

 

Saat ini semakin jarang orang yang mencatat di buku atau kertas, kebanyakan menggunakan smartphone atau tablet. Tapi ternyata, mencatat di buku atau kertas dapat dapat memberikan manfaat tambahan untuk tugas mengingat.

 

Sebuah penelitian di Jepang mempelajari pengaruh jenis alat mencatat yang digunakan saat mengingat sesuatu. Pada penelitian ini, para responden diminta untuk membaca percakapan yang membahas tentang jadwal dan rencana dalam waktu 2 bulan ke depan. Setelah itu, para responden diberikan waktu untuk membuat catatan mengenai hasil percakapan tersebut: sebagian responden diminta membuat catatan pada buku planner dengan pena (metode analog), sebagian pada aplikasi kalender di tablet dengan stylus pen (metode digital), dan sisanya pada aplikasi kalender di smartphone dengan layar sentuh (metode digital).

 

Ternyata, mereka yang membuat catatan pada buku planner dapat menyelesaikan tugas mencatat paling cepat. Kelompok responden ini juga memiliki skor paling baik saat diberikan tes memori terkait dengan jadwal pada percakapan yang diberikan sebelumnya. Mereka juga teramati memiliki tingkat aktivitas otak yang lebih tinggi pada bagian terkait bahasa, visualisasi, dan pada hippocampus (bagian otak yang berperan penting dalam fungsi memori dan navigasi).

 

Aktivasi pada hippocampus menunjukkan bahwa metode analog memiliki detail lebih kaya yang dapat diingat ulang dan disusun kembali. Tak seperti alat-alat digital yang umumnya seragam dengan pengaturan gambar dan teks yang terstandar, catatan pada kertas memang dapat lebih mudah dibayangkan saat kita berusaha mengingatnya karena lebih memiliki berbagai macam karakteristik khusus.

 

Tapi, bukan berarti alat digital tidak bisa digunakan. Bagi yang terbiasa menggunakan alat digital, para peneliti pada studi ini menyarankan untuk membuat dokumen digital lebih personal misalnya dengan memberi garis bawah pada poin-poin penting, menambahkan catatan tulis tangan dengan kode warna khusus, menggunakan sticky notes, membuat panah, atau memberi highlight pada bagian teks tertentu.

 

Tak hanya itu, penting menjaga fungsi otak dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik melalui pola makan sehat. Pola makan sehat juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental dimana keduanya penting untuk menghadapi keseharian yang penuh tantangan dan dapat memicu stress. Sebagai bagian dari pola makan sehat guna menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental agar siap menghadapi tantangan tanpa stress berlebih, pastikan memilih makanan dan minuman kaya nutrisi.

 

Salah satu yang bisa menjadi pilihan sehat adalah susu HiLo Active. Susu HiLo Active tinggi kalsium dan rendah lemak, serta mengandung 100% AKG vitamin D. Selain mengandung vitamin D, susu HiLo Active juga dilengkapi dengan glukosamin dan mineral organik dari Algae Merah untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian tentunya dengan rasa yang enak. Minum HiLo Active tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak! 

 

References:

  1. Frontiers in Behavioral Neuroscience, 2021; 15 DOI:10.3389/fnbeh.2021.634158

Share Article:

All rights reserverd.