Hipertensi Tidak Dapat Sembuh: Cegah Sebelum Menyesal

Sering timbul tanpa gejala namun dapat berakibat fatal, hipertensi sering disebut sebagai pembunuh senyap atau silent killer. Di Indonesia sendiri, data tahun 2018 memperkirakan bahwa lebih dari 63 juta orang di Indonesia terkena hipertensi. Hal ini penting dikhawatirkan karena hipertensi berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan berbahaya. Ditambah lagi, hipertensi tidak dapat disembuhkan!

 

Hipertensi tak bisa sembuh

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal. Tekanan darah yang termasuk dalam batas normal adalah kurang dari 120/80 mmHg, sedangkan yang masuk ke dalam kategori hipertensi adalah mulai dari 140/90 mmHg dan lebih tinggi.

 

Faktanya, hipertensi ternyata tidak dapat disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah menangani kondisi hipertensi dengan baik agar tidak sampai menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Yang penting dilakukan dalam penanganan hipertensi di antaranya pola hidup sehat, rutin memeriksa tekanan darah, berkonsultasi dengan dokter, dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter guna mengontrol tekanan darah.

 

Cegah hipertensi dengan hidup sehat

Prinsip ‘mencegah lebih baik dari mengobati’ tentu tidak pernah salah, apalagi untuk penyakit hipertensi yang tidak dapat disembuhkan. Cara terbaik mencegah hipertensi adalah dengan menjalankan pola hidup sehat termasuk menjaga berat badan dalam kisaran normal, menjauhi rokok, rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu, menghindari stres, serta tidur yang cukup setiap malam.

 

Tak kalah penting, pola makan sehat juga tidak boleh terlupakan. Pola makan sehat dengan membatasi asupan garam sembari memperbanyak konsumsi buah dan sayur akan bermanfaat dalam mencegah hipertensi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membatasi garam misalnya:

  • Batasi konsumsi makanan olahan seperti produk daging kaleng, sosis, nugget, dan kacang-kacangan dalam kaleng karena relatif lebih tinggi garam, serta perbanyak konsumsi produk segar seperti buah dan sayur.
  • Saat memasak, kurangi penggunaan garam, dan gantikan dengan rempah-rempah yang dapat memberi tambahan rasa. Selalu coba makanan sebelum menambahkan garam agar tidak menambahkan secara berlebihan.
  • Selalu perhatikan label makanan sebelum membeli produk makanan. Pilih produk dengan kandungan garam atau sodium yang lebih rendah.
  • Hati-hati saat memilih saus, kecap, dan bumbu saat memasak karena umumnya tinggi garam. Dan batasi penggunaannya saat makan dan memasak.

 

Ingin membatasi asupan garam guna mencegah hipertensi tapi tetap ingin menikmati makanan yang praktis dan enak? Coba Tropicana Slim Shirataki Noodles dan Tropicana Slim Shirataki Rice yang tidak hanya lebih rendah garam namun juga rendah lemak dan tinggi serat. Dengan rasa yang enak dan mudah disiapkan, Tropicana Slim Shirataki Noodles hanya mengandung 100 Kalori per saji dan Tropicana Slim Shirataki Rice hanya mengandung 50 Kalori per saji sehingga juga cocok untuk menjaga berat badan.

 

References:

  1. American Heart Association
  2. S. Center for Disease Control and Prevention
  3. Heart Foundation of New Zealand

Share Article:

All rights reserverd.