Ingin Jaga Berat Badan? Minuman Juga Berpengaruh!

Saat menjaga berat badan, kebanyakan orang hanya memperhatikan makanan yang dikonsumsinya saja. Sayangnya, hal ini tidak tepat. Tidak hanya pemilihan makanan saja yang memengaruhi berat badan, pemilihan minuman yang tidak tepat juga dapat mengganggu program diet.

 

Sebuah review yang dipublikasikan pada American Journal of Public Health menunjukkan bahwa jenis minuman yang dikonsumsi ternyata berkaitan dengan berat badan. Diketahui bahwa peningkatan konsumsi minuman manis yang mengandung gula berkaitan dengan peningkatan berat badan yang lebih besar. Sebaliknya, mengurangi konsumsi minuman manis yang mengandung gula berkaitan dengan peningkatan berat badan yang lebih kecil. Secara rata-rata, menggantikan minuman manis mengandung gula dengan air putih atau minuman lain tanpa gula berkaitan dengan peningkatan berat badan selama 4 tahun ke depan yang lebih kecil hingga 0.5 kg lebih rendah1.

 

Mengapa minuman manis bisa memengaruhi berat badan? Ternyata, minuman manis dapat sangat tinggi gulanya tanpa kita sadari. Sebagai contoh, 1 gelas minuman bubble tea bisa mengandung hingga 3 sendok makan gula, sama banyaknya dengan gula pada 1 kaleng minuman soda. Gula yang terkandung pada 1 gelas frappuccino juga tidak kalah banyaknya yaitu mencapai 2.5 sendok makan2,3. Padahal, anjuran batasan konsumsi gula harian hanyalah maksimal 4 sendok makan per hari4.

 

Tidak hanya itu, mengonsumsi minuman manis yang mengandung gula juga berkaitan dengan penumpukan lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis berkaitan dengan peningkatan kadar lemak visceral di dalam tubuh pada 6 tahun kemudian. Semakin sering mengonsumsi minuman manis, semakin tinggi pula peningkatan lemak visceral yang dialami. Padahal, lemak visceral atau lemak perut (lemak yang ditemukan di sekitar organ dalam) ini diketahui berkaitan dengan berbagai penyakit sindrom metabolik5.

 

Bagi yang ingin menikmati rasa manis yang lebih sehat, tidak perlu khawatir karena Tropicana Slim menyediakan berbagai rangkaian produk bebas gula yang lebih sehat dengan cita rasa yang nikmat dan lezat. Anda dapat menggunakan Tropicana Slim Sweetener untuk teh dan kopi di pagi hari, Tropicana Slim Sirup untuk minuman segar di siang hari, atau Tropicana Slim Kental Manis dan Tropicana Slim Gula Jawa untuk makanan penutup favorit. Semua produk Tropicana Slim ini bebas gula sehingga lebih rendah kalori dan cocok untuk diet.

 

References:

  1. Am J Public Health. (2016);106(9): 1656–1662.
  2. Singapore Nutrient Database
  3. USDA Food Data Central
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  5. Circulation (2016), 133:370–377

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.