Jadi Gemuk Gara-Gara Vitamin C: Mitos atau Fakta

Pandemi sudah berlangsung lebih dari 2 tahun. Semua orang berlomba-lomba menjaga daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup, rutin berolahraga dan tentunya menjalankan pola makan sehat. Selain itu, banyak orang juga mengonsumsi berbagai suplemen untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu yang paling banyak dicari, tak lain adalah vitamin C! Vitamin C berperan dalam proses pembentukan sistem imun tubuh. Jadi, kekurangan vitamin C akan membuat daya tahan tubuh terganggu. Tapi tunggu dulu, kabarnya konsumsi vitamin C juga bisa buat tubuh jadi gemuk, loh! Benarkah demikian? Mari kita cek faktanya!

Tubuh yang gemuk atau kelebihan berat badan merupakan kondisi akumulasi dari ketidakseimbangan kalori yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Saat kalori yang masuk dalam tubuh melalui beragam makanan yang kita konsumsi, lebih besar dibandingkan kalori yang keluar dari berbagai kegiatan yang kita lakukan; tentunya yang terjadi adalah surplus kalori. Kelebihan kalori ini nantinya akan disimpan sebagai lemak, yang jika berlangsung terus menerus, akan membuat berat badan kita makin bertambah.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi vitamin C? Berdasarkan sebuah studi yang disampaikan pada American Society of Nutrition, orang-orang yang kekurangan asupan vitamin C mengalami penurunan kemampuan mengoksidasi lemak. Artinya, asupan vitamin C yang cukup berperan penting supaya proses pembakaran lemak dalam tubuh berjalan efektif. Tapi tentunya dibarengi dengan olahraga ya, kawan. Bukan hanya dengan konsumsi vitamin C dan bermalas-malasan saja, kemudian pembakaran lemak tubuh akan berjalan efektif. Tidak semudah itu fergusso!

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kita semua sepakat bahwa konsumsi vitamin C penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap berjalan dengan baik; antara lain membantu sistem imun dan juga proses pembakaran lemak. Ternyata, ada juga fungsi lainnya! Vitamin C terlibat dalam pembentukan kolagen yang berperan dalam kekencangan kulit. Selain itu, terdapat studi yang menunjukkan konsumsi vitamin C yang cukup bisa menurunkan risiko terkena sariawan. Wah banyak sekali ya manfaatnya bagi tubuh!

Jadi, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari! Berbagai buah dan sayuran seperti jeruk, jambu, kiwi dan brokoli merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, 1 sachet Nutrisari setiap hari juga bisa memenuhi 100% kebutuhan harian vitamin C kamu! Nutrisari hadir dalam beragam rasa buah seperti jeruk peras, kuwud nipis, mangga gandaria, anggur hijau dan masih banyak lagi varian lain; cocok untuk teman sehari-hari. Dijamin, tidak akan bosan, deh!

 

Referensi:

  • Nutrients (2017)
  • American Society of Nutrition
  • The American Journal of Clinical Nutrition (2007)
  • Institute for Quality and Efficiency in Health Care
  • US Department of Agriculture

Share Article:

All rights reserverd.