Jaga Kesehatan Emosi Selama Pandemi

Lebih sering merasa cemas di masa pandemi ini? Merasa bahwa tingkat stress meningkat selama pandemi? Faktanya, Anda tidak sendiri! Kondisi pandemi COVID-19 memang terbukti berefek negatif terhadap kesehatan emosional kita.

 

Penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi ini, kondisi kecemasan teridentifikasi pada 32% responden dan kondisi depresi ternyata teramati pada 27% responden. Bahayanya, emosi negatif dapat memengaruhi berbagai aspek keseharian seperti mengganggu daya konsentrasi dan kemampuan pengambilan keputusan serta menyebabkan gangguan tidur dan rasa frustasi. Apabila tidak diatasi dengan baik, kondisi emosi negatif ini tentunya akan mengganggu keseharian kita.

 

Tidak hanya itu, emosi negatif juga dapat berdampak negatif untuk kesehatan tubuh atau fisik kita. Sebagian orang mengalami gangguan sakit kepala, rasa nyeri, gangguan kulit, dan masalah pencernaan akibat stress. Selain itu, kondisi kecemasan juga sudah terbukti berkaitan dengan pola hidup tidak sehat seperti merokok, tingkat aktivitas fisik yang rendah, dan pemilihan makanan tidak sehat. Pola hidup tidak sehat ini tentunya akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kronis termasuk hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

 

Kondisi pandemi yang tidak menentu jelas membuat timbulnya emosi negatif sulit dicegah. Namun, tetap harus ditangani dengan baik. Hal ini penting untuk mengurangi efek negatif yang mungkin timbul akibat rasa cemas dan stress yang dialami.

 

Atasi emosi negatif dengan menghindari akses informasi yang terlalu banyak (hindari memeriksa media sosial sepanjang hari karena walaupun memiliki cukup informasi memang penting, paparan informasi mengenai kondisi pandemi secara terus menerus dapat menimbulkan rasa cemas berlebihan), tidur cukup dengan jadwal teratur, luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai, jaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman dekat, serta mengikuti aktivitas dari komunitas atau organisasi secara daring. Jika emosi negatif terus mengganggu, penting mencari bantuan dari ahli untuk mengatasinya.

 

Jangan lupakan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh. Untuk melengkapi pola makan sehat sehari-hari, susu HiLo yang tinggi kalsium serta mengandung berbagai vitamin dan mineral namun rendah lemak dengan rasa yang enak dapat menjadi pilihan. Ingat, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

 

References:

  1. Future Cardiology (2020) org/10.2217/fca-2020-0055
  2. Center for Disease Control and Prevention

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.