Jaga Otot, Jaga Masa Depan

Pernah tidak kamu bertanya-tanya, kenapa sekarang ini banyak orang pergi ke fitness center untuk melatih otot? Apa manfaat melatih otot? Apakah hanya untuk berpenampilan bagus dan meningkatkan kepercayaan diri? Mungkin beberapa orang atau kamu sendiri mencari manfaat seperti di atas atau bisa juga sebatas hobi. Jawaban masing-masing orang pastinya bisa berbeda-beda, tetapi ada 1 manfaat dari melatih otot yang perlu kita semua ketahui. Manfaatnya itu adalah menjaga badan agar tetap sehat hingga masa tua nanti. Bagaimana bisa? Mari kita simak artikel ini.

 

Mengapa penting untuk menjaga otot dan Apa Dampaknya bila Tidak?

            Tubuh manusia sendiri terdiri dari 2 organ pergerakan, yaitu tulang dan otot. Kita bisa beraktivitas, seperti bekerja di kantor, berolahraga dan jalan-jalan karena otot yang bekerja dalam tubuh kita. Bisa kita katakan bahwa otot sangat penting untuk keberlangsungan aktivitas kita. Sayangnya saat kita mulai memasuki umur 30 tahun, massa otot kita akan mulai mengalami penurunan sebesar 3-8% per dekade dan akan semakin besar penurunannya saat kita menginjak usia 60 tahun. Menurut Ageing Research Review, pada usia 75-80 tahun akan terjadi penurunan berat badan hingga 25% dari penurunan massa otot.

Seiring bertambahnya usia, kerja metabolisme dan sel pada tubuh kita akan semakin menurun sehingga pembentukkan otot di tubuh kita juga akan semakin menurun juga dan mulai terjadi muscle protein breakdown atau penurunan massa otot. Kondisi ini sering disebut dalam dunia medis sebagai Sarcopenia. Penurunan massa otot ini dapat dipercepat dengan didukung oleh otot yang kurang dilatih dan asupan protein harian yang kurang.

 

Apa Dampaknya hingga Usia Tua?

            Pada usia tua, organ lain dan tulang manusia juga akan semakin melemah sehingga organ otot akan semakin dibutuhkan pada usia tua untuk mendukung tulang dan organ lain yang melemah. Sarcopenia pada usia tua akan berdampak pada penurunan stamina, tubuh melemah, keseimbangan menurun dan mudah cedera. Sarcopenia pada usia tua juga menyebabkan risiko penyakit obesitas, diabetes dan osteoporosis. Jadi, bisa dilihat sekarang bahwa menjaga otot sangatlah penting untuk kesehatan kita di masa tua nanti, namun bagaimana cara melatih dan menjaga massa otot?

 

Cara Melatih dan Menjaga Otot

            Untuk melatih dan menjaga otot, olahraga secara rutin dan memenuhi kebutuhan asupan protein harian bisa menjadi kunci. Jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan massa otot adalah resistance training. Berdasarkan riset, resistance training sebanyak 2-3 kali dalam seminggu selama 12 minggu bisa meningkatkan massa otot pada usia muda dan usia tua. Selain olahraga, kita juga harus mencukupi kebutuhan protein harian minimal sebanyak 0,8 gram protein per Kg berat badan. Sebagai contoh, kamu dengan berat badan 60 kg membutuhkan minimal 48 gram protein per hari. Untuk memperoleh manfaat maksimal, disarankan untuk menyebar secara merata asupan protein dalam satu hari Asupan protein harian bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi makanan, seperti telur, daging, kacang kedelai dan susu yang terbagi rata dalam 3 porsi makan harian kita.

            Bagi anda yang kesulitan mencukupi asupan protein harian, solusinya hadir dalam bentuk L-Men Platinum Bubble Gum bisa menjadi salah satu solusi. L-Men Platinum Bubble Gum, susu tinggi protein yang mengandung 25 gram protein/ sajian dengan 5,8 gram BCAA untuk membantu pembentukkan dan menjaga massa otot, kreatin untuk meningkatkan tenaga saat berolahraga dan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang. Mulailah latih otot anda dari sekarang!

 

Sumber Referensi

Ageing Res Rev. 2018;47:123-132. doi:10.1016/j.arr.2018.07.005

Curr Opin Clin Nutr Metab Care. 2004;7(4):405-410. doi:10.1097/01.mco.0000134362.76653.b2

 

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.