Jaga Pola Makan Untuk Performa Esok Hari

Ada peribahasa mengatakan, sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit. Umumnya peribahasa itu ditujukan supaya kita giat menabung untuk masa depan. Tapi rasanya makin kesini, peribahasa itu berlaku untuk kesehatan kita. Kondisi kesehatan kita saat tua nanti adalah hasil tabungan kita di masa sekarang. Pilihannya ada di kita, apa yang kita tabung saat ini, pola asupan makan yang baik atau yang buruk. Berbagai studi juga sudah menyimpulkan bahwa pola hidup yang sehat dapat meningkatkan angka harapan hidup karena menurunkan risiko kematian akibat berbagai macam penyakit metabolik.

 

Penerapan pola hidup sehat seperti pola makan yang benar, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan mental memang sudah terbukti secara jangka panjang terhadap kesehatan kita nanti. Tapi tahukah kamu, ternyata tak perlu menunggu sampai tua nanti untuk mendapatkan manfaat dari pola hidup sehat. Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Applied Psychology yang mengkaji pengaruh pola makan terhadap kestabilan emosi dan gangguan fisik  keesokan paginya yang dapat berkontribusi pada kualitas performa kerja (keinginan membantu dan kecenderungan menghindari kontak sosial). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi menu makan yang lebih sehat saat sore hari memiliki kestabilan emosi yang lebih tinggi dan gangguan fisik yang lebih rendah keesokan harinya.

 

Ternyata tidak perlu waktu lama untuk merasakan manfaat dari pola makan sehat. Bahkan makanan yang kamu makan kemarin malam juga punya pengaruh terhadap mood dan fisik kamu keesokan paginya. Bagaimana? Jika pagi ini kamu merasa emosimu tidak stabil atau kamu mungkin merasa badanmu kurang nyaman, coba cek juga menu makanmu kemarin malam. Kamu bisa mulai mengubah pola makan kamu menjadi lebih sehat contohnya dengan memastikan semua nutrisi terpenuhi, memperbanyak sayur dan buah, membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula, garam dan lemak yang tinggi, dan mengurangi makanan yang digoreng.

 

Terasa susah atau takut makanan menjadi hambar karena kurang rasa? Jangan khawatir, pilih produk-produk yang tetap nikmat tetapi memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang lebih rendah seperti Tropicana Slim Sweetener sebagai pengganti gula, Tropicana Slim Kecap Asin dan Kecap Manis, serta Tropicana Slim Mayonnaise Roasted Sesame yang lebih rendah garam dan lemak. Buat kamu yang suka minum susu sebelum tidur, kamu bisa memilih Tropicana Slim Low Fat yang lebih rendah lemak. Karena manisnya hidup, kita yang tentukan.

 

References :

  1. Circulation 2018, 138(4), 345–355. https://doi.org/10.1161/CIRCULATIONAHA.117.032047
  2. Journal of Applied Psychology 2022, 107(1), 23–39. https://doi.org/10.1037/apl0000890

Share Article:

Copyright © 2023 Nutrimart. All rights reserved.