Kalsium Untuk Yang Muda, Dewasa, dan Senja

“Mau tulang kuat harus minum susu. Kalau tidak, nanti tuanya gampang patah tulang…” Anda pasti pernah bahkan sering mendengar pernyataan tersebut. Belum lagi berbagai susu yang “diperuntukkan” untuk tingkatan umur tertentu. Pernahkah Anda terjebak membeli susu untuk orang tua padahal umur Anda masih remaja? Diam-diam, Anda mungkin menganggap bahwa susu hanyalah susu, nggak penting banget pilih yang sesuai usia.

 

Percaya atau tidak, pertumbuhan tulang dan kebutuhan kalsium itu berbeda-beda untuk setiap golongan usia! Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat pada gambar di bawah :

Sumber : https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-HealthProfessional/

 

Kalsium dan Usia Muda

Sepanjang masa kanak-kanak hingga dewasa, tubuh Anda sibuk menabung kalsium dalam bentuk tulang. Penelitian menunjukkan, pertumbuhan tulang paling pesat terjadi di umur kanak-kanak (TK dan SD) hingga remaja (umur 17 tahun). Bahkan, 90% massa tulang saat dewasa dibangun di umur tersebut1. Tulang masih akan tumbuh hingga umur 26 tahun, namun pertumbuhnya tidak akan secepat di masa-masa puber2. Untuk menyokong pertumbuhan yang cepat, kebutuhan kalsium pada umur kanak-kanak hingga remaja haruslah dicukupi setiap harinya1,3. Bukti ilmiah menunjukkan, pria dan wanita yang mengonsumsi kalsium dengan jumlah yang cukup (tinggi) cenderung terhindar dari patah tulang ketika dewasa1. Karena itulah, susu yang diformulasikan untuk umur kanak-kanak dan remaja seperti HiLo School dan HiLo Teen cenderung mengandung kalsium lebih banyak.

 

Kalsium dan Usia Dewasa                                             

Masalah yang dialami orang dewasa (young adults) berbeda lagi. Gaya hidup global menuntut setiap pribadi untuk aktif, gesit, dan banyak bergerak. Tentunya itu menuntut sendi yang sehat dan kuat. Namun, semakin tua tubuh Anda, tulang rawan dan “bantalan-bantalan” sendi lainnya perlahan-lahan menipis. Bahkan, penipisan tulang rawan dan cairan sendi tersebut bisa dimulai dari umur 20 tahun2, lho! Untuk itu, konsumsi nutrisi tulang seperti glucosamine dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sendi hingga tua4,5. Glucosamine banyak didapatkan di tulang rawan, sehingga kecukupan nutrisinya setiap hari mungkin agak sulit dipenuhi. Karena itu, susu dengan mineral yang diperuntukkan kepada orang-orang dewasa dan lansia seperti HiLo Active dilengkapi dengan glucosamine agar nutrisi sendi terpenuhi.

 

Kalsium dan Usia Senja

Usia senja (lebih dari 50 tahun) bukan berarti tidak butuh kalsium. Justru orang-orang lanjut usia membutuhkan kalsium lebih banyak dari orang-orang usia dewasa. Kebutuhan kalsium pada orang lanjut usia lebih tinggi untuk menyeimbangkan laju penguraian tulang yang memang terjadi di usia senja3. Karena itu, tak ada salahnya menunjukkan kasih sayang Anda pada orang tua dengan menghadiahkan HiLo Gold secara teratur.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode AKTIFBERGERAK bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk HiLo Active & Gold.

Reference :

 

1Critical Reviews in Food Science and Nutrition 51(3): 195-209

2Tortora & Grabowski. 2003. Principles of Anatomy and Physiology, 10th ed

3Boyle, M. & Long, S. 2008. Personal Nutrition, 7th ed.

4JAMA 283 (11): 1468-1475, 2000

5West. J. Med. 172: 91-94, 2000

6The Scientific World Journal 2012, doi:10.1100/2012/372972

Share Article:

All rights reserverd.