Kebaikan Susu Kedelai

Menghindari susu karena harus sering ke belakang karena perut kurang bersahabat setelah minum susu? Mungkin anda mengalami lactose intolerance.

Apa itu Lactose Intolerance?

Lactose intolerance merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa yang terdapat pada susu sapi. Akibatnya, laktosa tidak dapat diserap dan langsung diteruskan ke usus besar. Bakteri yang ada di usus besar kemudian akan memecah laktosa dan menghasilkan gas yang menimbulkan rasa kembung atau mual1. Hal ini tentu membawa dampak yang tidak menguntungkan. Salah satunya, rentan kekurangan kalsium yang banyak terkandung di susu. Padahal susu adalah sumber kalsium dan mineral lain yang mudah diperoleh. Akibatnya, pertumbuhan dan fungsi tulang pun kurang optimal karena tubuh tidak mendapat asupan kalsium serta mineral yang memadai1.

 

Jika Anda mengalami lactose intolerance, jangan khawatir. Susu kedelai dapat menjadi salah satu alternatif pengganti susu sapi yang baik.

Selain bersahabat bagi perut, susu kedelai pun kaya akan berbagai manfaat2,3:

  1. Protein

Susu kedelai merupakan sumber protein yang baik. Tidak hanya tinggi kandungan proteinnya, kandungan asam amino esensial pada susu kedelai pun tergolong lengkap. Bahkan, susu kedelai kaya asam amino lysine sehingga dapat melengkapi nasi dan sereal yang rendah lysine.

  1. Lemak

Salah satu kelebihan susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi adalah kandungan lemaknya yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Lemak yang terdapat pada susu kedelai merupakan asam lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan.

  1. Serat

Susu kedelai kaya akan serat oligosakarida dan polisakarida. Serat oligosakarida pada kedelai terdiri dari stakiosa dan raffinosa yang larut dalam air serta berfungsi sebagai prebiotik yang baik bagi kesehatan saluran cerna.

  1. Vitamin dan Mineral

Susu kedelai kaya akan vitamin A, E, K, dan B kompleks. Selain itu, susu kedelai pun tinggi magnesium dan zat besi yang berperan dalam fungsi optimal tubuh.

 

Kebaikan kedelai bisa diperoleh dalam susu HiLo Kacang Hijau, susu kedelai tinggi kalsium dan lebih rendah lemak dengan rasa kacang hijau yang enak. Selain itu, susu HiLo juga kaya mineral alami yang mudah diserap tubuh untuk bantu penuhi kebutuhan mineral harian kamu. Cocok dan aman untuk yang  sensitif terhadap susu sapi (lactose intolerant).

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode AKTIFBERGERAK bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk HiLo Active & Gold.

References :

 

  • Heyman, Melvin B. 2006. Lactose Intolerance in Infants, Children, and Adolescents. Pediatrics 118: 1279-1721.
  • Young, V.R. and P.L. Pellett. 1994. Plant Proteins in Relation to Human Protein and Amino Acid Nutrition. Am J Clin Nutr 59: 1203S-1212S.
  • Caballero, B., et. al. 2003 Encyclopedia of Food Sciences and Nutrition, Second Edition. USA: Academic Press.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.