Kenali 3 Cara Mudah Untuk Cek Apakah Kamu Terkena Obesitas

Fakta : Kondisi overweight/obesitas atau dikenal dengan berat badan berlebih memiliki konsekuensi serius terhadap kesehatan karena merupakan faktor risiko lain seperti tingginya kolesterol total, kolesterol LDL, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah anda terkena obesitas.

  1. 1.     Body mass index (indeks massa tubuh) à jangan lebih dari 23

Fakta : Indeks massa tubuh adalah metode yang digunakan untuk mengukur lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan

Cara : berat badan (kg) : kuadrat tinggi badan (m2)

Klasifikasi BMI

 

 

  1. 2.     Waist Circumference (Lingkar pinggang) à Si 4 jengkal lingkar pinggang

Fakta :

-          Lemak yang tertimbun di sekitar pinggang  akan meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kardiovaskular. Semakin besar lingkar pinggang, semakin tinggi risikonya.

-          Lingkar pinggang yang masih masuk dalam kategori normal adalah ≤ 90 cm untuk pria, dan ≤ 80 cm untuk wanita. Cara mudah untuk mendeteksi lingkar pinggang anda adalah dengan jengkal tangan. Ukuran lingkar pinggang ideal adalah sebaiknya tidak lebih dari 4 jengkal tangan. Jika lingkar pinggang melebihi 4 jengkal tangan / ukuran ideal dalam cm, maka Anda cenderung memiliki perut buncit/ obesitas sentral.

-          Lemak di pinggang tidak dipengaruhi oleh seberapa tinggi anda, seberapa berototnya anda/ seberapa besar tulang anda tidak akan mempengaruhi lingkar pinggang Anda.

 

  1. 3.     Waist – Hip Ratio (Rasio pinggang dan panggul)

Fakta :

-          Selain lingkar pinggang, rasio pinggang dan panggul juga menjadi salah satu tools yang dipakai Organisasi Kesehatan Dunia untuk mengukur obesitas sentral. Semakin besar rasio pinggang vs panggul, maka berarti anda terkena obesitas sentral dan tentunya risiko terkena penyakit seperti diabetes, jantung, stroke akan meningkat

-          Cara ukur : gambar http://www.wikihow.com/Calculate-Your-Waist-to-Hip-Ratio

  • Ukur lingkar pinggang pada kondisi normal (Berdiri tegak, jangan tahan nafas, ukur di bagian terkecil pinggang, posisi diatas pusar)
  • Ukur lingkar panggul (bagian terlebar panggul)
  • Lakukan pembagian (lingkar pinggang : lingkar panggul)
  • Rasio ideal pinggang vs panggul : wanita < 0.85, pria < 0.9

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.