Kolesterol Masa Muda, Cerminan Risiko Penyakit Jantung di Masa Tua!

“Aduh, hasil medical check-up keluar. Nilai kolesterol dapat bintang nih, melebihi batas normal!”

“Santai saja, masih usia 20an ini, masih sehat badannya. Kalau sudah kepala 4 tuh, baru was-was kalau kadar kolesterol melambung.”

 

Sebagian besar orang sudah mengetahui kaitan antara kadar kolesterol yang tinggi dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, tidak banyak yang tahu kalau kadar kolesterol perlu diperhatikan sejak usia muda. Padahal, kadar kolesterol yang tinggi pada usia 20-an tahun memiliki pengaruh besar terhadap risiko penyakit jantung dan stroke di masa depan.

 

Sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat tinggi pada usia remaja atau awal usia 20-an memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, stroke atau gangguan kardiovaskular lainnya pada usia pertengahan. Dan ternyata, kerusakan pembuluh darah yang terjadi pada usia muda ini bukan hal yang mudah diperbaiki. Terbukti dari penelitian yang sama, meskipun kadar kolesterol tinggi ini berhasil diturunkan hingga batas normal sebelum akhir usia 30-an, peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke tetap teramati. Artinya, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol darah dalam batas normal sejak dini.

 

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman? Pertama, kita mulai dengan menjaga berat badan ada dalam kisaran normal. Kedua, rutin berolahraga. Ketiga, tentunya pola makan sehat penting. Hindari konsumsi lemak jenuh yang banyak terdapat pada daging merah, minyak kelapa atau makanan hasil penggorengan deep-frying. Pilihlah metode memasak yang lebih sehat seperti mengukus atau menumis; dan gunakan minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh yang lebih tinggi, seperti Tropicana Slim Canola Oil atau Tropicana Slim Corn Oil. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, juga bijian utuh seperti gandum dan oatmeal. Tropicana Slim juga memiliki varian Oat Drink yang mengandung semua kebaikan oat, diformulasikan rendah lemak dengan rasa vanilla yang nikmat, cocok menemani aktivitas setiap hari. Jaga kolesterol dari muda, untuk masa tua lebih bahagia!

 

Referensi:

  • Journal of the American College of Cardiology (2020)
  • American Heart Association

 

Share Article:

All rights reserverd.