Kopi Membuat Kecanduan?

Apakah kamu termasuk kaum yang tidak bisa memulai harimu tanpa secangkir kopi? Atau tidak bisa lepas dari kopi kekinian racikan barista kedai kopi langgananmu? Zaman sekarang, kedai kopi sangat mudah ditemukan kemanapun kita pergi. Bagi pecinta kopi, menyeruput kopi di pagi hari secara rutin memberikan energi dan semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, tetapi ketika berhenti meminum kopi rasanya tubuh menjadi lelah, sakit kepala, dan tidak bersemangat sehingga selalu mencari kopi untuk mengembalikan energi. Karena alasan ini kopi dianggap sebagai minuman yang membuat kecanduan. Namun, apakah hal tersebut benar? Yuk kita sama-sama simak penjelasannya.

 

Kopi mengandung senyawa kafein yang dapat mencegah rasa lelah dan kantuk karena kafein dapat memblokir reseptor adenosin (berperan dalam mengatur rasa lelah) pada otak1. Hal ini yang membuat orang menjadi lebih bersemangat dan tidak lelah ketika meminum kopi. Namun, faktanya kopi tidak membuat kecanduan dan tidak memberi efek negatif jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Senyawa kafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan kadar hormon dopamine (dikenal sebagai hormon yang memberi perasaan senang), tetapi peningkatan yang ditimbulkan hanya sedikit dan tidak mengganggu sistem reward pada otak 2.

 

Sekarang, sudah tahu kan fakta sesungguhnya tentang kopi, jadi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kopi karena kopi tidak menyebabkan kecanduan. Meskipun demikian, konsumsi kopi juga perlu dibatasi karena kopi kekinian mengandung gula dan lemak yang tinggi. Namun, tidak perlu khawatir karena nikmat dan manisnya kopi dapat juga dikonsumsi dengan cara yang sehat karena kopi kekinian sehat dapat ditemukan dalam produk Tropicana Slim White Coffee, Tropicana Slim Avocado Coffee, dan Tropicana Slim Café Latte. Kamu bisa menikmati kopi tanpa khawatir kalori berlebih.

 

Reference:

  1. Journal of Sleep Research. 2022:1-21. doi.org/10.1111/jsr.13597
  2. Behavioural Pharmacology. 2005;16(2):63-77. doi: 10.1097/00008877-200503000-00001.

Share Article:

All rights reserverd.