Lebih Sehat dengan Makan di Rumah

Memasak di rumah kini menjadi kebiasaan baru banyak orang. Banyaknya resep praktis yang tersedia membuat banyak orang mencobanya di rumah. Dan ternyata, kebiasaan memasak dan makan makanan yang dimasak di rumah ini memiliki manfaat positif untuk kesehatan seperti menurunkan risiko diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya kaitan antara kebiasaan konsumsi makanan rumah dengan risiko diabetes. Ternyata, mereka yang lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah diketahui memiliki risiko terkena diabetes yang lebih rendah. Penurunan risiko diabetes ini teramati mencapai hingga 13% lebih rendah. Manfaat positif konsumsi makanan rumah ini disebabkan karena makanan dari luar rumah diketahui memiliki kualitas nutrisi yang lebih rendah dengan nilai kalori yang lebih tinggi. Hal ini jelas dapat berkaitan erat dengan kelebihan berat badan yang merupakan faktor risiko diabetes1.

Tak lupa, menu dan cara memasak yang sehat tentunya penting diperhatikan. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk masak lebih sehat antara lain2:

  • Jadikan masakan lebih berwarna dengan perbanyak sayur dan buah. Tidak hanya membuat masakan tampak lebih menarik, pilihan buah dan sayur yang berwarna-warni juga penting untuk membantu memenuhi kebutuhan berbagai macam nutrisi harian.
  • Batasi penambahan garam, kecap, dan saos yang tinggi garam. Sebagai alternatif lebih sehat, pilih produk kecap dan saus yang lebih rendah garam atau gunakan rempah-rempah untuk memberi rasa pada masakan.
  • Saat memasak dengan daging, pilih bagian yang lebih rendah lemak dan buang bagian kulitnya. Batasi memasak dengan daging merah, lalu gantikan dengan alternatif sumber protein yang lebih sehat seperti ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
  • Kurangi cara masak menggoreng agar asupan lemak harian tidak berlebihan.
  • Kurangi menu masakan dengan menggunakan santan yang tinggi lemak jenuh, atau gunakan produk santan yang lebih rendah lemak.
  • Gunakan minyak goreng yang lebih rendah lemak jenuh atau lemak jahat seperti minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Ingin memasak lebih sehat di rumah? Tropicana Slim menyediakan berbagai rangkaian produk untuk menu masakan yang lebih sehat dengan cita rasa yang nikmat dan lezat. Untuk memberikan rasa pada masakan tanpa perlu khawatir dengan asupan garam, pilih Tropicana Slim Kecap Manis yang bebas gula dan rendah garam, Tropicana Slim Kecap asin dengan cita rasa gurih dan nikmat namun rendah garam, serta Tropicana Slim Saus Tiram yang bebas gula dan lebih rendah garam. Untuk menu kari dan gulai, tersedia Tropicana Slim Santan yang lebih rendah lemak. Bagi yang senang berkreasi dengan menu hidangan penutup, Anda dapat menggunakan rangkaian produk bebas gula dari Tropicana Slim seperti Tropicana Slim Kental Manis untuk sajian es atau kue, Tropicana Slim Gula Jawa untuk makanan penutup favorit, dan Tropicana Slim Madu untuk memperkaya rasa minuman Anda. Jadi, apa menu masak sehat Anda hari ini?

References:

  1. American Heart Association's Scientific Sessions (2015)
  2. American Heart Association

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.