Makanan Manis Mengatasi Stress

Semua orang tentu pernah mengalami stress. Walaupun pastinya, penyebab dan tingkatan stress yang dialami dapat berbeda antar orang. Selain itu, cara mengatasi stress juga dapat berbeda untuk masing-masing orang. Sebagian merasa bahwa mengonsumsi makanan manis dapat bantu atasi stress, benarkah hal ini?

 

Manis atasi stress?

Saat mengalami stress, kita memang cenderung mencari makanan yang dirasa menenangkan dan enak (comfort food). Pilihan makanan saat stress ini tentunya cenderung tinggi gula dan tinggi lemak. Diketahui bahwa sekitar 40% orang melaporkan bahwa mereka makan lebih banyak saat stress, dan bahkan 80% melaporkan bahwa proporsi konsumsi makanan manis mereka meningkat (di luar apakah mereka makan lebih banyak atau tidak) saat stress.

 

Konsumsi makanan manis memang dapat berkaitan dengan penekanan pelepasan hormon kortisol saat stress, sayangnya hal ini bersifat sementara dan bukan berarti makanan manis tinggi karbohidrat akan efektif memperbaiki suasana hati. Sebuah review yang dipublikasikan pada Neuroscience & Biobehavioral Reviews menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat ternyata tidak berkaitan dengan kondisi suasana hati yang lebih baik setelah dikonsumsi. Bahkan, konsumsi karbohidrat justru berkaitan dengan rasa lelah dan penurunan alertness atau tingkat kewaspadaan pada 1 jam setelah konsumsi.

 

Tidak hanya itu, rutinitas mengonsumsi makanan tinggi gula untuk mengatasi stress ini dapat menjadi kebiasaan yang akan sulit dihentikan. Padahal, kebiasaan tidak sehat ini akan meningkatkan risiko makan berlebihan serta risiko obesitas dan penyakit kronis lain yang berkaitan dengan obesitas.

 

Atasi stress dengan baik

Karena stress tidak bisa terlepas dari keseharian kita, kita perlu cara untuk mengatasinya dengan tepat. Untuk mengatasi dan memulihkan diri dari stress, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Makan yang sehat dan bergizi karena tubuh yang sehat penting untuk suasana hati yang baik.
  • Rutin berolahraga yang membantu pelepasan hormon endorphin yang membuat kita merasa lebih baik dan lebih positif.
  • Buat tujuan dan target yang realistis dengan menyadari bahwa tidak ada orang yang sempurna.
  • Jaga hubungan sosial dengan orang terdekat. Orang terdekat akan menjadi pendukung saat kita mengalami kesulitan dan dapat memberikan nasihat untuk dipertimbangkan saat menyelesaikan masalah.
  • Lakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi, mendengarkan musik, dan mengatur pernapasan.
  • Berusaha lebih positif, misalnya dengan menulis 3 hal yang berjalan baik atau 3 hal yang perlu disyukuri di setiap akhir hari.

 

Ingin menjalankan pola makan sehat untuk tubuh yang sehat dan siap menghadapi stress namun sulit menghindari rasa manis? Atau tetap merasa sulit menghindari makanan manis saat stress tapi takut efeknya terhadap kesehatan? Pilih produk-produk bebas gula dari Tropicana Slim untuk rasa manis yang lebih sehat dengan kalori lebih terkontrol dan tanpa penambahan gula pasir namun tetap memiliki rasa yang enak. Tropicana Slim Cookies, bisa menjadi pilihan cemilan praktis dan lezat dengan kalori terkontrol dan bebas gula. Tropicana Slim Strawberry Jam, terbuat dari buah stroberi asli dan diproses tanpa penambahan gula pasir sehingga bebas gula dan rendah kalori. Tropicana Slim  Topping Kental Manis, pengganti susu kental manis bebas gula dengan rasa nikmat yang cocok untuk dessert atau minuman favorit Anda.

 

References:

  1. Neuroscience & Biobehavioral Reviews (2019) 101: 45-67
  2. The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (2015) doi: 10.1210/jc.2014-4353
  3. American Psychological Association

Share Article:

All rights reserverd.