Manfaat Jahe untuk Wanita Hamil

Jahe merupakan tanaman yang sering ditemukan dan digunakan di benua Asia. Jahe sering digunakan sebagai rempah untuk bumbu makanan, campuran minuman, ataupun obat herbal. Salah satu manfaat jahe yang sudah cukup dikenal adalah untuk mengurangi mabuk perjalanan, efek samping perawatan, dan rasa mual akibat kehamilan. Yup! Ternyata, jahe memiliki manfaat untuk wanita hamil lho!

Sebagian besar Iibu hamil mengalami mual dan muntah, terutama pada masa awal kehamilan. Jahe terbukti dapat mengurangi gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Selain itu, jahe juga dapat memberikan efek ‘hangat’ untuk ibu hamil yang sering merasa kedinginan. Studi menunjukkan bahwa konsumsi 1 gram jahe segar setiap hari selama 4 hari, akan meminimalisir gejala mual muntah, tanpa menimbulkan efek atau resiko pada ibu ataupun janinnya. Walau demikian, tetap tidak direkomendasikan mengonsumsi jahe secara berlebihan.

Untuk para ibu yang tidak terlalu suka jahe mentah, tidak usah khawatir! Anda bisa konsumsi minuman tradisional yang mengandung jahe, seperti bajigur, bandrek, ronde, sekoteng, dan masih banyak lagi. W’dank menyediakan berbagai pilihan minuman tradisional yang mengandung jahe seperti: bajigur, bandrek, dan empon-empon, sehingga tidak perlu repot bikin sendiri. Bagi ibu yang suka mengonsumsi teh manis, juga bisa menggunakan Tropicana Slim Sweetener jahe untuk minuman teh hangatnya!

Referensi

Dib JG, E-Saddik RA. 2004. Ginger for Nausea and Vomiting in Pregnancy. Journal of Pharmacy Practice 34: 305-307

Stanisiere, J, Mousset, P, Lafay, S. 2018. How Safe Is Ginger Rhizome for Decreasing Nausea and Vomiting in Women during Early Pregnancy?. Foods 7(50)

Thomson M, Corbin R, Leung, L. 2014. Effects of Ginger for Nausea and Vomiting in Early Pregnancy: A Meta-Analysis. Journal of the American Board of Family Medicine 27(1)

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.