Manfaat Positif Berada Di Luar Ruangan

Pernahkah menghitung berapa banyak waktu yang kita habiskan di dalam ruangan? Mengingat mayoritas aktivitas sehari-hari dilakukan di dalam ruangan, sebagian besar waktu dalam sehari tentunya kita habiskan di dalam ruangan. Walau demikian, jangan sampai lupa untuk tetap melakukan kegiatan di luar ruangan. Menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan mental kita.

 

Keluar untuk kesehatan mental

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada The World Journal of Biological Psychiatry menunjukkan bagaimana menghabiskan waktu di luar ruangan dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan mental dan fungsi otak. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan analisa kondisi otak dengan menggunakan MRI (Magnetic resonance imaging) ini, diperoleh bahwa lebih banyaknya waktu yang dihabiskan di luar ruangan dapat terkait positif dengan kondisi otak dan suasana hati yang lebih baik1

 

Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata berkaitan dengan lebih tingginya gray matter (area otak di mana banyak sel-sel syaraf terkonsentrasi) pada bagian otak yang mengatur kontrol fungsi kognitif (terkait perencanaan dan regulasi tindakan, serta kondisi emosi yang lebih baik). Hal ini kemudian juga dapat memengaruhi daya konsentrasi, daya ingat, dan kondisi kesehatan mental secara keseluruhan1.

 

Jadi, mulailah perbanyak aktivitas di luar ruangan guna menjaga kesehatan mental. Coba isi waktu luang dengan memilih aktivitas di luar ruangan. Untuk mendapatkan manfaat lebih bagi kesehatan mental dan fisik, pilihlah kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik saat berada di luar ruangan seperti berkebun, bersepeda, atau berjalan cepat. Faktanya, berada di luar ruangan juga mendorong kita untuk lebih aktif yang bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh dan dapat terkait dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

 

Tips lain jaga kesehatan mental

Selain memperbanyak aktivitas di luar ruangan, simak beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan mental2:

  • Pola makan yang sehat dan kaya nutrisi karena tubuh yang sehat penting untuk kesehatan mental yang baik.
  • Rutin berolahraga yang terbukti bermanfaat menekan risiko depresi dan memperbaiki suasana hati.
  • Jaga hubungan sosial dengan orang terdekat yang dapat menjadi pendukung saat kita mengalami kesulitan.

 

Selain itu, melakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi dan mengatur pernapasan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Bagi sebagian orang, relaksasi berarti meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan menikmati segelas minuman hangat sembari mendengarkan musik atau membaca buku kesukaan. Bisa juga, berbincang ringan dengan orang terdekat sembari menikmati segelas minuman hangat.

 

Jadikan Tropicana Slim pilihan sehat untuk menikmati kegiatan relaksasi Anda. Bagi pecinta kopi, Tropicana Slim Cafe Latte dapat menjadi alternatif kopi dengan rasa yang mantap tanpa penambahan gula dan rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi untuk diabetes dan diet. Mencari rasa kopi yang unik? Tropicana Slim Avocado Coffee dengan rasa alpukat yang nikmat, bebas gula, dan lebih rendah kafein bisa jadi pilihan. Dan untuk yang menyukai minuman cokelat, tersedia Tropicana Slim Mint Cocoa yang merupakan minuman cokelat dengan sensasi mint yang nikmat tanpa penambahan gula pasir yang aman untuk diabetesi dan cocok untuk diet.

 

References:

  1. The World Journal of Biological Psychiatry (2021) DOI: 10.1080/15622975.2021.1938670
  2. NHS UK

 

Share Article:

All rights reserverd.