Mau Tangkal Diabetes, Harus Makan Apa?

Tahukah Anda bahwa kasus diabetes di Indonesia sesungguhnya sangat mengkhawatirkan? Data dari International Diabetes Federation di tahun 2019 menunjukkan bahwa 1 dari 16 orang Indonesia menderita diabetes. Ancaman diabetes di Indonesia ini jelas harus diwaspadai karena diabetes tidak dapat disembuhkan. Selain itu, diabetes berkaitan erat dengan berbagai komplikasi berbahaya mulai dari penyakit jantung, gangguan penglihatan, hingga kerusakan sistem syaraf1.

 

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes? Salah satu kuncinya, pola makan sehat yang kaya buah dan sayur. Sebuah penelitian terhadap 22.833 subjek menunjukkan bagaimana konsumsi buah dan sayur dapat berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih rendah. Diketahui bahwa peningkatan konsumsi 66 gram/hari buah dan sayur ternyata berkaitan dengan penurunan risiko diabetes hingga 25%2.

 

Tapi, tidak hanya buah dan sayur saja yang diketahui bermanfaat. Bijian utuh ternyata juga memiliki efek positif dalam menekan risiko diabetes seperti dibuktikan pada penelitian lain terhadap 158.259 wanita dan 36.525 pria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok peserta uji yang tingkat konsumsi bijian utuhnya paling tinggi ternyata memiliki risiko diabetes yang lebih rendah, yaitu mencapai 29% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tingkat konsumsi bijian utuhnya paling sedikit3.

 

Tak lupa, pastikan untuk menjaga berat badan dalam kisaran normal atau turunkan berat badan berlebih dengan kombinasi rutin berolahraga dan pola makan sehat. Selain konsumsi buah, sayur, dan bijian utuh, aspek lain dari pola makan sehat yang penting diperhatikan adalah membatasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Ingin membatasi gula dan lemak tapi tidak ingin mengorbankan rasa? Tenang, Tropicana Slim hadir untuk membantu dengan rangkaian produk bebas gula seperti Tropicana Slim Sweetener, produk rendah garam seperti Tropicana Slim Kecap Manis dan Kecap Asin, serta produk rendah lemak seperti Tropicana Slim Santan Less Fat dan Tropicana Slim Low Fat Milk sebagai alternatif yang lebih sehat namun dengan rasa yang tetap enak.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References:

  1. International Diabetes Federation.
  2. Association of plasma biomarkers of fruit and vegetable intake with incident type 2 diabetes: EPIC-InterAct case-cohort study in eight European countries. 2020. BMJ; 370:m2194.
  3. Intake of whole grain foods and risk of type 2 diabetes: results from three prospective cohort studies. 2020. BMJ; 370: m2206.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.