Mengapa Diet Anda Gagal?

Mengapa diet Anda gagal? Anda dengan atau tanpa sadar mungkin telah melakukan hal-hal berikut yang dapat mengakibatkan gagalnya diet Anda1.

 

  1. Emotional eating

Emotional eating adalah mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, biasanya jenis makanan comfort food atau junk food sebagai respon terhadap emosi yang dialami, biasanya emosi negative, seperti marah, perasaan desperate, kehilangan kontrol diri,perasaan tidak dihargai, dan kebosanan 1,2. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, Anda dapat melakukan hal-hal berikut3:  

  • selalu menanyakan pertanyaan berikut ketika Anda merasa ingin makan di saat emosi:” seberapa laparkah saya? Apakah rasa lapar tersebut merupakan rasa lapar secara fisik atau sebenarnya hanya sebatas emosi saja?”.
  • Hindari godaan. Jangan menyimpan makanan yang biasa Anda makan untuk memperbaiki mood Anda jika Anda sulit menahan diri untuk tidak memakannya. Jika Anda merasa marah atau sedih, tunda keinginan Anda ke toko hingga Anda yakin Anda tidak dalam keadaan emosi.
  • Window shopping, bermain dengan hewan peliharaan Anda, mendengarkan musik, membaca, browsing internet atau bercengkrama dengan teman Anda jauh lebih baik dibandingkan Anda mengatasi rasa bosan dengan cara makan.

 

  1. Memotong terlalu banyak kalori.

Calories in < Calories out adalah kunci penurunan berat badan. Tetapi, jika Anda memotong terlalu banyak kalori dari makanan Anda, Anda akan merasa lemas dan tidak berenergi, yang akan berujung pada konsumsi makanan yang berlebih pada kesempatan makan berikutnya.

 

  1. Tidak sarapan.

Orang yang melewatkan sarapan mengganti kalori tersebut dengan makan lebih banyak pada siang atau malam hari. Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts Medical School menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak sarapan memiliki kecenderungan 4.5 kali lebih besar mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang sarapan secara teratur. Penelitian lain yang melibatkan 16,542 orang Amerika dewasa menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan sarapan, memiliki berat badan yang lebih ideal dibandingkan dengan subjek yang melewatkan waktu sarapan.

 

  1. Tidak mencatat food diary.

Bagaimana Anda bisa yakin kalau Anda telah menjalankan diet Anda dengan baik? Food diary membantu Anda stay in the track. Catatlah konsumsi makanan Anda di food diary dengan jujur, setidaknya dalam 10 hari.

 

  1. Menetapkan target berat badan yang tidak realistis.

Hindari menetapkan target berat badan yang tidak realistis. Anda tidak hanya akan merasa menderita untuk memenuhi target tersebut, target tersebut hanya akan membuat Anda merasa putus harapan ketika Anda tidak dapat memenuhinya, dan bahkan membuat Anda menyerah! Be realistic.  Penurunan berat badan yang sehat yaitu 1-1,5 kg per minggu.

 

  1. Menimbang setiap hari.

Menimbang berat badan setiap hari akan membuat Anda kecewa karena perubahan berat badan yang berfluktuasi. Pengecekan berat badan yang teratur dapat membantu diet Anda agar lebih terstruktur. Hal ini akan dapat membantu Anda menyesuaikan diet dan olahraga. Timbang berat badan Anda secara teratur misalnya seminggu sekali.

 

  1. Over-exercise.

Olahraga merupakan bagian dari proses penurunan berat badan Anda. Akan tetapi, melakukan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang sangat dan risiko cedera menjadi lebih besar. Diet Anda bisa gagal karena jika Anda berolahraga secara berlebihan, tubuh Anda akan terlalu lemas, dan bukannya memiliki penurunan berat badan yang sehat, Anda mungkin akan jatuh sakit. Tetapkanlah waktu berolahraga secara teratur setiap minggu dan lakukan variasi olahraga agar Anda tidak bosan.

 

  1. Menghindari sama sekali makanan favorit Anda.

Berjanji untuk menghindari makanan favorit Anda hanya akan membuat Anda memiliki keinginan untuk menyantapnya secara berlebihan, atau membuat Anda frustasi kemudian menghentikan diet yang sedang Anda jalani. Do all things in moderation (tak ada salahnya menikmati kudapan favorit Anda sekali-sekali dan dalam porsi yang terkontrol) akan menghilangkan keinginan Anda untuk menyantap makanan favorit Anda secara berlebihan.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.