Mengenal Lebih Jauh Protein Nabati

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalam tubuh, protein bertindak sebagai komponen penyusun jaringan tubuh (termasuk otot, kulit, rambut, dan organ tubuh lainnya). Tidak hanya itu, protein juga berfungsi untuk membentuk enzim dan hormon yang berperan penting dalam berbagai macam fungsi tubuh1.

Membicarakan sumber makanan kaya protein, yang banyak terpikir tentunya daging atau telur. Tapi, sumber protein sebenarnya tidak hanya dari sumber hewani saja. Banyak sumber protein nabati yang juga dapat menjadi pilihan, misalnya dari kacang kedelai, tahu, tempe, kacang merah, atau kacang-kacangan lainnya1.

Walaupun masih kurang populer, sumber protein nabati juga memiliki manfaat kesehatan. Sebuah review terhadap 32 studi menunjukkan bahwa konsumsi sumber protein nabati berkaitan dengan lebih rendahnya risiko kematian akibat semua penyebab dan risiko kematian akibat penyakit jantung. Diketahui bahwa untuk setiap penambahan asupan protein nabati sebanyak 3% dari total kalori harian, teramati adanya penurunan risiko kematian hingga 5%. Manfaat protein nabati ini diduga berkaitan dengan adanya efek positif dari konsumsi sumber protein nabati terhadap perbaikan kondisi tekanan darah, lingkar pinggang, berat badan, dan komposisi tubuh2.

Tidak hanya itu, sumber protein nabati juga diyakini lebih ramah lingkungan. Produksi sumber protein hewani (terutama daging sapi, kambing, dan domba) diketahui berkaitan dengan tingkat emisi gas rumah kaca yang lebih besar, dibandingkan dengan sumber protein nabati. Bahkan, tingkat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan untuk menyiapkan 1 pon daging domba dapat mencapai 30 kali lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kacang-kacangan dalam jumlah yang sama3.

Ingin menambah konsumsi sumber protein nabati? Cobalah beberapa tips di bawah ini4:

  • Gantikan lauk daging merah dengan lauk protein nabati seperti tahu dan tempe.
  • Campurkan kacang-kacangan (misalnya kacang merah) saat memasak nasi.
  • Gantikan cemilan tidak sehat dengan kacang panggang tanpa garam.
  • Tambahkan kacang-kacangan ke dalam menu sup yang tidak hanya memberi rasa yang khas namun juga sebagai tambahan sumber protein.

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

 

References:

  1. Better Health Channel: Victoria State Government
  2. Dietary intake of total, animal, and plant proteins and risk of all cause, cardiovascular, and cancer mortality: systematic review and dose-response meta-analysis of prospective cohort studies. 2020. BMJ; 370:m2412.
  3. Harvard School of Public Health
  4. Medical News Today

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.