Menyapa Kalsium, Sahabat Gigi Sehat

Kalsium merupakan mineral yang selama ini banyak dikaitkan dengan kesehatan tulang. Padahal, tidak hanya tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk gigi yang sehat. Selain baik untuk tulang, kalsium juga berperan menjaga struktur dan jaringan gigi serta menggantikan mineral yang hilang agar tetap sehat dan kuat.

Tanpa kita sadari, kandungan mineral gigi akan berkurang (demineralisasi) saat digunakan. Pada saat itulah, tubuh akan menggunakan simpanan kalsium agar struktur gigi tetap terjaga. Semakin rendah simpanan kalsium, tubuh akan kesulitan mengganti kalsium gigi yang hilang. Hal inilah yang menyebabkan gigi lebih mudah keropos dan berlubang.

Jika dibiarkan, gigi yang berlubang akan membawa dampak lain seperti sakit gigi hingga nafsu makan menurun, berat badan berkurang, dan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting untuk senantiasa mencukupi kebutuhan kalsium harian kita.

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan gigi yang tepat? Berikut tipsnya.

  1. Mengurangi Gula dan Alkohol

Konsumsi makanan tinggi gula menyebabkan kerusakan gigi. Gula yang bertemu dengan air ludah dan bakteri di mulut akan membentuk plak dan asam sehingga gigi menjadi mudah keropos. Tingginya asam di gigi akan mempercepat kerusakan dan penumpukan bakteri sehingga gigi menjadi berlubang. Selain gula, minuman beralkohol dan soft drink juga dapat meningkatkan produksi asam yang meningkatkan risiko gigi berlubang.

  1. Perbanyak Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan gigi. Gunakan air putih untuk berkumur dan setelah mengonsumsi minuman manis untuk melarutkan asam dan membersihkan sisa makanan di gigi.

  1. Hindari Merokok

Selain gula dan alkohol, merokok juga meningkatkan produksi asam di gigi sehingga dapat mempercepat pembentukan plak dan kerusakan gigi serta menyebabkan bau mulut.

  1. Rutin Membersihkan Gigi

Rutin sikat gigi penting untuk membersihkan bakteri dan sisa makanan yang masih menempel di gigi. Membersihkan gigi yang dianjurkan adalah dengan menyikatnya dua kali sehari pada malam dan pagi, dengan durasi minimal dua menit setiap kali menyikat.

  1. Yang pasti, Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Konsumsi kalsium yang disarankan untuk usia remaja (10-18 tahun) adalah 1200mg, sedangkan anak (4-9 tahun) dan dewasa (19-50 tahun) adalah 1000 mg. Kalsium dapat ditemukan di susu dan produk turunannya seperti yogurt dan keju, serta berbagai jenis sayuran hijau, kacang-kacangan, olahan gandum, kiwi dan jeruk. Dalam satu gelas susu, terdapat 300 mg kalsium. Pilih yang rendah lemak, namun tetap enak rasanya seperti HiLo; susu kaya nutrisi dengan kalsium yang membantu jaga kesehatan tulang dan gigi kita.

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

 

 

Referensi:

Antonenko, O., Bryk, G., Brito, G., Pellegrini, G., & Zeni, S. N. (2015). Oral health in young women having a low calcium and vitamin D nutritional status. Clinical oral investigations, 19(6), 1199-1206.

Australian Dental Associaton. 2018. Brushing Keeping Your Teeth Clean and Healthy. From https://www.ada.org.au/  

Centers for Disease Control and Prevention. 2021. What Can Adults Do to Maintain Good Oral Health?. From https://www.cdc.gov/oralhealth/basics/adult-oral-health/tips.html

Kuna, Aparna & Sreedhar. M. 2018. Dental Nutrition Healthy & Mindful Eating Improves Oral Health. Health Action Mar, 2018

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019: Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia.From:http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Moynihan, Paula & Petersen, Paul Erik. 2004. Diet Nutrition and The Prevention of Dental Diseases. Public Health Nutriton 7(1A), 201-226

National Institutues of Health: Office of Dietary Supplements. 2021. Calcium: Fact Sheet for Health Professionals. From https://ods.od.nih.gov/factsheets/Calcium-HealthProfessional/

Rathee, Manu.,et.al. 2013. Calcium and Oral Health: A Review. International Journal of Scientific Research Vol.2, Issue 9, September 2013

UCSF Health. 2020. Calcum Content of Foods. From https://www.ucsfhealth.org/education/calcium-content-of-foods

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.