Minuman Pengagal Diet

Diet dalam artian menurunkan berat badan, tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Selain berolahraga rutin, pengaturan pola makan juga menjadi kunci penting dalam keberhasilan diet. Walaupun sudah memperhatikan dan membatasi makan, tapi ada satu hal yang sering dilupakan! Yup! Selain makanan, minuman yang dikonsumsi juga harus diperhatikan selama kamu menjalankan program diet!

Tanpa disadari, banyak minuman yang tinggi kalori dan justru menyebabkan berat badanmu jadi tak kunjung turun. Siapa sih yang tidak suka minuman manis seperti kopi sachet, milk tea, bubble tea, kopi gula aren, dan minuman-minuman manis yang sedang hits belakangan ini? Walaupun enak, minuman manis tinggi gula dan kalori tersebut, ternyata memiliki sedikit nutrisi. Padahal, salah satu kunci dari diet adalah perlunya kontrol dan pembatasan asupan kalori dari makanan dan minuman agar berat badan bisa turun tapi nutrisi seimbang tetap terpenuhi.

Tidak cuma bikin berat badan sulit turun saat diet, tapi minuman-minuman tinggi gula nyatanya bisa berdampak buruk untuk kesehatan karena berpotensi membuat kamu mengonsumsi gula lebih dari batas harian. Perlu diingat bahwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan batas maksimal konsumsi gula setiap orang per hari adalah 4 sendok makan. Konsumsi gula di atas batas tersebut tentu berkaitan erat dengan kegemukan, diabetes, penyakit jantung, dan kerusakan gigi.

Masih tidak percaya kalau minuman yang kamu suka mengandung gula yang tinggi? Simak yuk, kira-kira minuman kesukaan kamu rerata mengandung berapa kalori dan jumlah gula:

Frapuccino

Satu gelas Frapuccino mengandung 3 sendok makan gula. Kalau dari segi kalori, frapuccino mengandung 417 kalori per gelasnya.

 

Bubble Milk Tea

Minuman yang sedang hits akhir-akhir ini mengandung 3 sendok makan gula, lho! Kalori yang terkandung di dalamnya bisa mencapai 320 kalori untuk setiap gelasnya.

 

Cheese Tea

Minuman teh mengandung krim keju ternyata mengandung 3 sendok makan gula untuk setiap gelasnya. Kalori yang terkandung di dalam satu gelasnya mencapai 240 kalori.

 

Minuman dalam Kemasan

Satu kaleng soda mengandung 3 sendok makan gula dan kalorinya sekitar 156 kalori. Kalau kopi susu instan, satu kalengnya memiliki 82 kalori dan mengandung 1 sendok makan gula. Tidak kalah dengan itu, satu kotak teh kemasan memiliki 1.25 sendok makan gula dan mengandung sekitar 60 kalori.

 

Dari pembahasan di atas, kita perlu sadar akan pentingnya mengurangi minuman tinggi gula demi badan yang lebih sehat! Kalau kamu sedang ingin minum sesuatu yang manis, tidak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa pilih manis yang lebih sehat! Tropicana Slim menghadirkan oat drink rasa vanilla yang bebas gula, lho! Tidak hanya bebas gula, tapi produk ini diformulasikan khusus sehingga rasanya enak namun tetap memiliki manfaat dan kebaikan oat seperti serat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kapan lagi ada minuman manis, yang tidak mengandung gula dan memiliki manfaat untuk kesehatan kamu!

 

 Referensi:

Get the Facts: Sugar-Sweetened Beverages and Consumption. 2017. Centers for Disease Control and Prevention.

Hill J.O. 2009. Can a small-changes approach help address the obesity epidemic? A report of the Joint Task Force of the American Society for Nutrition, Institute of Food Technologists, and International Food Information Council. The American Journal of Clinical Nutrition 89: 477–484

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. “Berapa Anjuran Konsumsi Gula, Garam, Lemak perharinya”. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/15/berapa-anjuran-konsumsi-gula-garam-dan-lemak-per-harinya

Reducing consumption of sugar-sweetened beverages to reduce the risk of childhood overweight and obesity. 2014. World Health Organization.

USDA Food Composition Database

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.