Mitos atau Fakta: Risiko Keturunan Diabetes Tipe 2 Bersifat Menyilang

Pernahkah kamu mendapatkan informasi risiko keturunan diabetes tipe 2 bersifat menyilang? Misalnya, jika ayah menderita diabetes, maka anak perempuannya lebih berisiko. Sebaliknya, jika ibu yang menderita diabetes, maka anak laki-lakinya yang akan lebih berisiko. Kenyataannya, hingga saat ini tidak ditemukan penelitian yang menunjukkan bahwa risiko keturunan diabetes tipe 2 bersifat menyilang. Namun yang pasti, memiliki riwayat keturunan diabetes berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih tinggi.  

 

Data penelitian pada jurnal Diabetes menunjukkan bahwa risiko diabetes meningkat hingga 3,4 kali pada mereka yang memiliki ibu yang menderita diabetes, dan hingga 3,5 kali pada mereka yang memiliki ayah yang menderita diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat keturunan diabetes. Risiko ini semakin tinggi jika kedua orang tua menderita diabetes, hingga 6,1 kali lebih tinggi. 

 

Tidak hanya berkaitan dengan genetik yang diturunkan dari orang tua, peningkatan risiko diabetes juga berkaitan dengan gaya hidup sehari-hari. Umumnya, anggota dalam satu keluarga memiliki pola makan dan kebiasaan aktivitas fisik yang serupa. Kombinasi seluruh faktor ini meningkatkan risiko diabetes pada mereka yang memiliki riwayat keturunan diabetes. 

 

Kabar baiknya, risiko diabetes akibat faktor keturunan dapat ditekan dengan menjalankan pola hidup sehat seperti menjaga berat badan dalam kisaran normal, menjaga pola makan sehat, dan rutin berolahraga. Yang tidak kalah penting adalah lebih waspada dengan kandungan gula yang tersembunyi (hidden sugar) pada makanan minuman kita sehari-hari. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk membatasi asupan gula harian sebesar 50 gram atau setara 4 sendok makan.  

 

Mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori juga bermanfaat untuk membatasi asupan gula harian, tanpa mengorbankan kesukaan terhadap rasa manisSebagai brand yang telah hadir selama hampir 50 tahun untuk menginspirasi hidup sehat dengan cara menyenangkan, Tropicana Slim memiliki serangkaian produk yang bebas gula dengan cita rasa tinggi. Salah satunya adalah Tropicana Slim Sweetener Honey, pemanis rendah kalori dengan rasa manis madu yang nikmat, cocok digunakan untuk aneka jenis makanan dan minuman panas maupun dingin. Tropicana Slim Sweetener Honey juga cocok untuk diabetes dan diet, membantu menjaga kestabilan gula darah dan menjaga agar badan tetap ideal. 

 

References:  

  1. Parental transmission of type 2 diabetes: the Framingham Offspring Study. 2000. Diabetes; 49(12): 2201-2207.
  2. Learn the Genetics of Diabetes. 2020. American Diabetes Association. 

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

Share Article:

All rights reserverd.