MPASI Sehat dengan Olive Oil

Tidak ada orang tua yang rela buah hatinya tumbuh serba berkekurangan. Setiap orang tua pasti berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan anaknya, termasuk kebutuhan gizinya, agar tumbuh kembangnya terjamin. Pada awal tumbuh kembangnya, air susu ibu (ASI) memiliki peranan yang sangat penting. Namun, saat anak menginjak usia 6 bulan, makanan pendamping ASI (MPASI) berperan untuk mendukung pertumbuhan anak agar tidak kekurangan nutrisi1.

 

Dalam memilih MPASI, perlu diperhatikan sisi jumlah nutrisi dan variasinya. Jangan sampai MPASI yang diberikan ternyata kurang lengkap. Lantas apa yang harus tersedia dalam MPASI untuk anak?2,3

  • Karbohidrat sebagai sumber energi utama, yang dapat diperoleh dari serealia, oat, nasi, kacang polong, kacang merah, buah, susu, dan sayuran
  • Protein untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, yang dapat diperoleh dari susu dan produk olahannya, daging, telur, serta kacang-kacangan.
  • Lemak sebagai sumber energi dan penyerapan vitamin larut lemak. Pilih sumber lemak kaya lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak serta kesehatan mata dan kulit, misalnya Tropicana Slim Olive Oil. Tropicana Slim Olive Oil terbuat dari 100% extra virgin olive oil (EVOO) yang tinggi vitamin E, serta aman dikonsumsi bayi dan anak-anak.
  • Vitamin dan mineral untuk otak, tulang, dan tubuh yang sehat yang dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan.

 

Selain menyediakan MPASI dengan komposisi yang bervariasi, ada beberapa hal penting lain yang dapat kita lakukan untuk mendukung pertumbuhan kognitif anak seperti4.5:

  • Memberikan anak pengalaman dan interaksi bersama orang terdekat seperti makan bersama keluarga
  • Mengajak anak berbicara, bermain, dan membaca buku
  • Memberikan cukup perhatian dan ruang untuk bereksplorasi
  • Membatasi hal-hal yang mengganggu konsentrasi seperi televisi dan gadget

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References :

  1. From the first hour key findings. 2016. UNICEF.
  2. https://wicworks.fns.usda.gov/wicworks/Topics/FG/Chapter1_NutritionalNeeds.pdf
  3. https://www.unicef.org/nutrition/index_iodine.html
  4. https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/early-brain-development.html
  5. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/mealtime/mealtime-routines-and-tips.html

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.