Ngemil Tidak Sehat Bikin Sindrom Metabolik?

Cemilan sulit dipisahkan dari keseharian kita. Apapun kegiatan yang dilakukan, cemilan seringkali ada di samping kita. Tapi, apakah kebiasaan mengemil tidak baik untuk kesehatan? Benarkah kebiasaan mengemil bisa meningkatkan risiko diabetes dan menyebabkan masalah kolesterol? Ternyata, dapat bergantung pada jenis cemilan yang kita konsumsi dan jumlahnya.

 

Cemilan bisa bermanfaat?

Cemilan sehat dalam jumlah yang tepat sesungguhnya bermanfaat memberikan tambahan energi di tengah hari atau saat kita berolahraga, serta mengurangi rasa lapar di antara waktu makan dan mencegah makan berlebihan saat makan besar. Cemilan sehat juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita sepanjang hari.

 

Cemilan bawa penyakit?

Tapi, cemilan yang tidak tepat jelas berefek negatif untuk kesehatan termasuk profil kolesterol dan gula darah. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nutrition menunjukkan adanya kaitan antara tingkat asupan cemilan yang tinggi kalori dengan pola makan yang tidak sehat. Diketahui bahwa mereka yang paling sering mengonsumsi cemilan tinggi kalori memiliki asupan kalori harian, total lemak, gula, dan garam yang lebih tinggi. Sebaliknya, asupan seratnya diketahui lebih rendah.

 

Pola makan tidak sehat seperti ini berefek negatif untuk kesehatan. Penelitian di atas juga menemukan adanya peningkatan risiko gangguan sindrom metabolik seiring dengan meningkatnya asupan cemilan tinggi kalori. Bahkan, kelompok yang paling banyak mengonsumsi cemilan tinggi kalori ternyata memiliki risiko terkena gangguan sindrom metabolik hingga 53% lebih tinggi.

 

Seseorang dikatakan mengalami gangguan sindrom metabolik apabila memiliki 3 dari 5 kondisi termasuk kadar gula darah tinggi, kadar kolesterol baik atau HDL yang rendah, kadar trigliserida darah yang tinggi, lingkar pinggang besar, dan tekanan darah tinggi. Gangguan sindrom metabolik sendiri berbahaya karena berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit kronis dimana kadar gula darah tinggi berkaitan dengan kondisi diabetes, tekanan darah tinggi berkaitan dengan hipertensi, serta masalah kolesterol terkait dengan penyakit jantung.

 

Pilih cemilan sehat

Bagaimana memilih cemilan yang sehat? Pilih cemilan dengan kalori terkontrol agar tidak membuat asupan kalori harian melonjak naik. Selain itu, cemilan yang mengandung serat juga pilihan baik karena serat memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan dan lebih lambat dicerna sehingga mengenyangkan lebih lama. Tak kalah penting, hindari cemilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Cemilan yang tinggi gula dan lemak cenderung tinggi kalori tanpa nilai gizi yang sepadan. Rentan menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan, tapi rendah nutrisinya. Cemilan yang tinggi lemak jahat juga rentan menyebabkan masalah kolesterol.

 

Ingin mencoba cemilan sehat tapi tetap enak rasanya? Kini tersedia Tropicana Slim Instant Brownies Mix, sebagai pilihan brownies praktis dan enak tanpa penambahan gula pasir serta hanya 50 Kalori per saji. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan cocok bagi yang sedang program diet. Tropicana Slim Instant Brownies Mix membantu Anda untuk mewujudkan pola hidup sehat tanpa mengorbankan kenikmatan rasa.

 

References:

  1. Nutrition (2013) http://dx.doi.org/10.1016/j.nut.2013.09.014
  2. American Heart Association
  3. Current Nutrition & Food Science (2020) DOI:https://doi.org/10.2174/1573401316666200130110357
  4. NHS UK
  5. MedlinePlus: National Institute of Health
  6. MayoClinic

 

Share Article:

All rights reserverd.