Olahraga dan Sarapan Untuk Fungsi Kognitif

Zaman now, siapa bilang mau pintar cuma bisa belajar di sekolah atau kuliah lagi? Apalagi dengan kemajuan teknologi plus banyak hal bisa dikerjakan secara online, bahkan buat belajarpun bisa secara online. Banyak kursus-kursus online berbayar maupun gratis yang bisa kita ikuti. Tentunya kembali ke usaha dan kemauan masing-masing dari kita untuk mengembangkan diri kita supaya terus bisa bersaing di era ini. Tapi tahukah kamu cara supaya tetap pintar ga cuma dengan belajar loh. Berolahraga dan sarapan juga bikin kita tetap pintar. Wah kok bisa?

Ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga dan sarapan juga bermanfaat untuk fungsi kognitif kita. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sarapan berkaitan dengan fungsi kognitif yang lebih baik, seperti ditandai dengan lebih baiknya akurasi saat mengerjakan tes uji fungsi kognitif. Olahraga juga memiliki efek positif bagi kognitif yang mana bekatian dengan lebih cepatnya waktu reaksi saat mengerjakan tes uji fungsi kognitif. Berdasarkan riset yang lain pada responden kembar, saudara kembar yang rutin berolahrga juga memiliki fungsi otak yang lebih baik. Pengamatan ini dilihat dari lebih besarnya bagian gray matter di otak (bagian otak ini berperan dalam fungsi otot, persepsi sensori, daya ingat, kemampuan berbicara, pengambilan keputusan, serta emosi).

Nah, pas banget nih. Untuk mendukung proses belajar, tambahkan jadwal sarapan dan olahraga ya dalam jadwal keseharian kita. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya. Bagi yang WFH, jangan lupa bangun dan lakukan gerakan peregangan untuk setiap 30 menit waktu duduk.  Untuk sarapan, pastikan kita memilih menu sarapan sehat misalnya bijian utuh, sumber protein rendah lemak, serta buah dan sayur. Menu sarapan yang tinggi protein dan serat akan membantu kita merasa kenyang lebih lama hingga waktu makan berikutnya, Salah satu menu sarapan yang kaya nutrisi adalah susu. Pilihlah susu yang rendah lemak, tinggi protein serta kaya vitamin dan mineral. Lmen 2Go, susu tinggi protein rendah lemak yang praktis untuk melengkapi sarapan pagimu.


References :

  1. Physiol Behav (2016) doi: 10.1016/j.physbeh.2016.02.013
  2. WHO
  3. Medicine & Science in Sports & Exercise (2014) doi:10.1249/MSS.000000000000437

 

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.