Olahraga : Rahasia Tubuh Sehat Bebas Stres

Siapa di sini yang rajin berolah tubuh alias olahraga setiap hari? Mungkin rutin jalan keliling kompleks setiap pagi, bergerak mengikuti instruksi pelatih di sesi body-combat virtual, atau juga melakukan latihan yoga setelah jam kantor usai? Selamat! Kebiasaan untuk berolahraga secara teratur akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Yang pertama dan mungkin banyak di antara kita sudah tahu, olahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bergerak secara aktif merupakan cara untuk meningkatkan kalori yang keluar dari tubuh sehingga olahraga merupakan cara efektif untuk menjaga berat badan. Dengan berat badan yang terjaga, tentunya risiko penyakit kronis seperti diabetes & penyakit jantung bisa ditekan. Selain itu, olahraga juga berdampak positif pada kesehatan dan kekuatan tulang dan otot.

Yang menarik, olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan emosional. Olahraga diketahui dapat membantu mengurangi stress, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi ketegangan dan kecemasan. Manfaat ini salah satunya disebabkan oleh produksi hormon endorfin yang berperan sebagai ‘penahan sakit’ saat berolahraga. Lebih jauh, olahraga juga membantu memperbaiki kualitas tidur yang penting dalam menangani stress.

Tidak harus memulai dengan olahraga berat, olahraga ringan pun sudah dapat memberikan berbagai manfaat yang disebutkan di atas. Untuk orang dewasa, WHO menyarankan olahraga kardio minimal 150 menit per minggu, ditambah dengan latihan beban minimal dua kali per minggu. Setelah terbiasa dan merasakan manfaat olahraga, akan lebih mudah untuk meningkatkan durasi dan intensitas olahraga. Setelah berolahraga, jangan lupa mengonsumsi protein untuk memulihkan otot yang digunakan saat olahraga. Grab L-men 2Go, susu tinggi protein yang praktis dan enak untuk menemani olahragamu, easy peasy protein on-the-go!

References:

  1. NHS UK
  2. US Centers for Disease Control and Prevention
  3. https://adaa.org/understanding-anxiety/related-illnesses/other-related-conditions/stress/physical-activity-reduces-st
  4. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/stress-management/working-out-to-relieve-stress

https://www.mentalhealth.org.uk/publications/how-manage-and-reduce-stress

Share Article:

All rights reserverd.