Panjang Umur, Awet Muda

Berpenampilan muda dan menarik merupakan impian banyak orang. Banyak cara dilakukan agar tubuh tetap bugar dan penampilan tetap menawan, meskipun usia terus bertambah. Nah, ternyata kunci utama agar tetap awet muda adalah menjalankan pola hidup yang sehat. Untuk itu, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan.

Pertama, selalu aktif bergerak. Ada banyak sekali manfaat dari aktivitas fisik, seperti menjaga berat badan, mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, hingga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko depresi. Untik memulai hidup aktif, kita dapat mengubah kebiasaan kita, misalnya memilih menggunakan tangga ketimbang naik lift. WHO merekomendasikan untuk berolahraga aerobik intensitas sedang minimal 150 menit per minggu atau intensitas tinggi minimal 75 menit per minggu, lalu dikombinasikan dengan latihan beban 2 kali per minggu.

Kedua, istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Meskipun terasa sederhana, tidur yang cukup ternyata memiliki banyak manfaat; seperti, membantu menjaga berat badan, menurunkan stress, serta memberikan kita energi agar dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya.

Tidak kalah penting, jalankan pola makan yang bergizi dan seimbang. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tidak sehat merupakan salah satu faktor utama penyebab kematian di dunia. Sebaliknya, mengubah pola makan menjadi lebih sehat diprediksi dapat mencegah 1 dari 5 kematian di dunia. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita memiliki pola makan sehat:

  • Perbanyak buah dan sayur
  • Pilih jenis biji-bijian yang utuh, seperti beras merah dan gandum utuh
  • Pilih sumber protein yang lebih sehat, seperti bagian daging rendah lemak, ikan, dan kacang-kacangan
  • Batasi asupan gula, garam, dan lemak harian. Hal ini penting karena konsumsi gula, garam dan lemak berlebih berkaitan dengan berbagai jenis penyakit kronis. Contohnya konsumsi gula berlebih berkaitan dengan masalah obesitas dan penyakit diabetes tipe 2; konsumsi garam berlebih berkaitan dengan peningkatan tekanan darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke; dan konsumsi lemak berlebih, terutama lemak jahat, berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting bagi kita dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah penggunaan minyak goreng. Tahukah kalian, minyak yang umumnya dipakai untuk menggoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi? Sayangnya, lemak jenuh ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Untungnya, Tropicana Slim menyediakan beberapa pilihan minyak yang lebih sehat, yaitu minyak sunflower, jagung, dan kanola. Ketiga jenis minyak ini memiliki lemak jenuh yang rendah sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Lebih lanjut, disarankan untuk menghindari memasak dengan cara deep fry karena akan membuat kandungan lemak dalam makanan bertambah drastis. Disarankan metode memasak yang lebih sehat seperti menumis, mengukus dan memanggang. Bertambah umur tak bisa dihindari, tapi pilihan menua dengan sehat ada di tangan kita.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 25%! Kode JANTUNGSEHAT bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk Tropicana Slim Cooking Series.

 

References:

  1. Benefits of Physical Activity. 2020.  Division of Nutrition, Physical Activity, and ObesityNational Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion
  2. The Basics: Overview. 2020. MyHealthFinder
  3. Health effects of dietary risks in 195 countries, 1990–2017: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2017
  4. The Lancet DOI:https://doi.org/10.1016/S0140-6736(19)30041-8
  5. Healthy Eating for a Healthy Weight. 2020.  Division of Nutrition, Physical Activity, and ObesityNational Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion
  6. https://www2.gov.scot/resource/0043/00438754.pdf
  7. Jiang, Q. (2014). Natural forms of vitamin E: metabolism, antioxidant, and anti-inflammatory activities and their role in disease prevention and therapy. Free Radical Biology and Medicine, 72, 76–90. doi:10.1016/j.freeradbiomed.2014.03.035.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.