Pentingnya Pola Makan Sehat Untuk Anak

Pola makan sehat di masa kanak-kanak penting untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan energi (kalori) dan nutrisi harian. Hal ini penting agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta melawan infeksi penyakit1. Pola makan sehat untuk anak juga akan memengaruhi kesehatan dan tingkat risiko penyakit hingga dewasa nanti. Selain itu, kebiasaan makan juga dibentuk mulai dari masa kanak-kanak sehingga sangat penting untuk mendorong pola makan sehat sejak dini2.

Pola makan sehat untuk anak

Dalam menjalankan pola makan sehat, anak perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang bervariasi dari berbagai jenis kelompok termasuk makanan pokok, buah dan sayur, lauk pauk sumber protein. Memilih makanan kaya nutrisi yang bervariasi penting agar semua kebutuhan nutrisi harian anak dapat terpenuhi dengan seimbang1,2.

Dan tentunya, susu dan produk olahannya juga tidak dapat dilewatkan sebagai makanan kaya nutrisi untuk melengkapi pola makan sehat. Susu mengandung nutrisi yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan di masa kanak-kanak, termasuk kaya akan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi4. Bahkan, sebuah studi di Amerika menunjukkan manfaat susu sebagai salah satu sumber nutrisi peninggi badan. Hasil penelitian ini menemukan adanya kaitan positif antara tinggi badan saat dewasa dengan kebiasaan konsumsi susu saat masa kanak-kanak dan remaja5.  

Selain memilih makanan kaya nutrisi yang bervariasi, membatasi asupan gula, garam, dan lemak juga penting dilakukan anak sebagai bagian dari pola hidup sehat. Pastikan juga untuk selalu cukup minum air agar anak cukup terhidrasi dengan baik3.

 

Peran penting keluarga

Orangtua dan keluarga memiliki peranan penting dalam memperkenalkan pola makan sehat kepada anak. Hal ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin karena kebiasaan yang dibangun sejak dini akan lebih mudah dilaksanakan. Selain itu, memperkenalkan makanan sehat sejak dini akan membuat anak menjadi familiar dan membantu anak menerima dan menyukainya6.

Beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya6,7:

  • Membuat jadwal makan keluarga yang rutin. Anak yang rutin makan bersama keluarga diketahui memiliki pola makan yang lebih sehat dan risiko kegemukan yang lebih rendah.
  • Menyiapkan makanan dan cemilan sehat.
  • Menjadi contoh dengan memilih makanan yang sehat.
  • Mengajak anak untuk ikut serta dalam menyiapkan makanan sehat.
  • Lengkapi makanan sehat kaya nutrisi yang bervariasi untuk anak dengan susu HiLo School. Susu HiLo School tinggi kalsium dan rendah lemak dengan rasa paling enak untuk tumbuh ke atas. Dengan banyak varian rasa yang enak, mulai dari Chocolate, Honey, Vanilla Vegiberi, Vanilla, Bubble Gum, Cotton Candy, hingga Strawberry Cheese Cake, anak pun bisa bebas memilih rasa kesukaannya!


References:

  1. The Association of UK Dietitians
  2. Nidirect Government Service
  3. Healthy Eating for Children: Eatforhealth.gov.au
  4. Communities NSW and the Heart Foundation
  5. American Journal of Human Biology (2005) doi: 10.1002/ajhb.20411
  6. American Psychological Association
  7. org

 

Share Article:

All rights reserverd.