Pentingnya Tertidur Lelap

Satu pertiga dari hidup manusia (idealnya) dilalui saat tidur. Bagi sebagian orang, hal ini berarti membuang-buang waktu. Namun, fakta kesehatan berkata lain. Orang-orang yang kurang tidur biasanya memiliki mood lebih jelek1 serta konsentrasi yang berkurang dibandingkan orang lain yang tidur cukup2.

Tak hanya itu, kurang tidur atau tidur larut malam bisa menaikkan risiko penyakit metabolik seperti diabetes3. Pasalnya, ketika Anda memilih tetap bangun di saat seharusnya Anda tidur, kadar hormon stres dalam tubuh akan naik. Naiknya kadar hormon ini dalam darah bila berlangsung secara kronis akan meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.

 

Sulit tidur?
Bagi Anda yang memang bekerja di malam hari lembur, misalnya solusinya tentu sudah jelas, yaitu mengalihkan jam kerja Anda dari malam ke siang hari (bila memungkinkan). Namun, bagaimana jika masalah Anda sebenarnya sulit tidur? Jangan khawatir, tips-tips di bawah ini bisa membantu Anda tidur lebih lelap:

  1. Skip kafein di sore hari
    Kafein dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga bisa menggangu jika dikonsumsi terlalu dekat dengan jam tidurmu. American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi kafein, paling tidak 6 jam sebelum waktu tidur. Misal kamu tidur pukul 10 malam, jangan konsumsi kafein setelah jam 4 sore5
  2. Matikan TV dan gadget sebelum tidur
    Penelitian terbaru menunjukkan, sinar biru dari layar TV/gadget dapat menghilangkan kantuk sehingga membuatmu sulit tidur.
  3. Hindari tidur dengan perut lapar
    Siapa yang bisa tidur ditemani dengan perut keroncongan? Namun, jangan juga mengisi perut penuh-penuh sebelum tidur. Karena, selain malah membuatmu sulit tidur, risiko terkena diabetes pun semakin tinggi. Snack paling aman: satu buah pisang dan/atau segelas susu.
  4. Sikat gigi, cuci muka, berdoa
    Walaupun terkesan kekanak-kanakan, mulut dan badan bersih bisa membuat tidurmu jauh lebih nyenyak. Selain itu, adanya ritual-ritual sebelum tidur membantu “menyiapkan” mentalmu untuk tidur.
  5. Minum susu hangat
    Ya, susu hangat ampuh dalam mencegah sulit tidur. Kandungan triptofan-nya membantu meningkatkan hormon relaks dalam tubuh. Susu yang baik tentunya yang rendah lemak, setuju?

Tidur malam yang lelap adalah kunci untuk gerak lebih gesit keesokan harinya. Good night!

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode AKTIFBERGERAK bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk HiLo Active & Gold.

Reference :

  1. American Psy. Ass. Emotion 10 (6): 831-841, 2010
  2. NYTimes. 2011. How Little Sleep Can You Get Away With?
  3. Advanced Drug Delivery Reviews 59: 985–1014, 2007
  4. WebMD. 2007. 10 Tips to Get Better Sleep
  5. American Academy of Sleep Medicine

Share Article:

All rights reserverd.