Pentingnya Vitamin D, The Sunshine Vitamin to Shine Your Life

The Sunshine Vitamin to Shine Your Life

Apa sih enaknya terkena sinar matahari? Sudah silau, bikin keringatan lagi. Tetapi, siapa sangka di balik hangatnya cahaya mentari pagi, terpancar pula manfaat kesehatan yang menjanjikan. Benarkah sinar matahari memang begitu bermanfaat, dan apa hubungannya dengan vitamin D?

Vitamin D, the sunshine vitamin

Mendengar vitamin D disebut, yang terbayang pastilah tulang. Betul, vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu, vitamin D turut menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. So, kebayang kan betapa ruginya jika kita kekurangan vitamin yang satu ini.

Dari mana asalnya vitamin D? Secara alami, vitamin ini, dibuat di dalam tubuh manusia ketika pro-vitamin D3 yang ada di kulit berinteraksi dengan sinar ultraviolet B. Nah, di sinilah peran cahaya matahari, yaitu sebagai sumber sinar ultraviolet B untuk mengubah pro-vitamin D3 menjadi vitamin D3 (jenis vitamin D yang dibuat tubuh). Vitamin D3 hanya dapat dibuat ketika kulit terpapar sinar matahari setidaknya 10-15 menit selama minimal dua kali dalam seminggu.

Pentingnya asupan vitamin D

Bagi kita yang hidup di daerah tropis, cahaya matahari dapat kita nikmati di setiap hari yang cerah. Bagaimana dengan mereka yang hidup jauh dari ekuator atau para eksekutif muda yang sehari-harinya bekerja di kantor? Tentunya jarang terpapar sinar matahari berakibat minimnya pembentukkan vitamin D di tubuh mereka. Jika tidak dihasilkan dari tubuh sendiri, kecukupan vitamin D harus diperoleh dari luar tubuh, yaitu dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Beberapa makanan seperti minyak ikan, salmon, tuna, jamur dan telur adalah sumber alami vitamin D. Cukupkah kebutuhan vitamin D hanya dengan mengonsumsi pangan-pangan tersebut? Jawabannya tidak. Setiap hari, kita membutuhkan 600 IU vitamin D, dan kebutuhannya semakin meningkat seiring pertambahan usia. Sebagai gambaran, satu butir telur hanya mengandung sekitar 25 IU vitamin D.

Demi pemenuhan kebutuhan vitamin D setiap hari, American Dietetic Association menganjurkan untuk mengonsumsi ikan dua hingga tiga kali per minggu dan susu yang difortifikasi dengan vitamin D. Kini telah hadir HiLo Active, susu yang diformulasi khusus untuk memenuhi 100% kebutuhan vitamin D Anda. Jadi, tunggu apa lagi, Mari cerahkan hari Anda dengan “vitamin matahari”!

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

References :

  1. American Dietetic Association
  2. American Journal of Preventive Medicine, March 2007
  3. Archives of Internal Medicine, May 2007

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.