Pilihan Protein Sehat untuk Tubuh Lebih Ideal

Buat kamu yang lagi mengejar bentuk badan ideal, tentunya massa otot dan massa lemak menjadi 2 hal yang sangat kamu perhatikan. Yang kamu inginkan adalah mempertahankan atau menaikkan massa otot, serta menurunkan massa lemak. Bicara mengenai massa otot, pasti yang langsung tebersit di pikiran kita adalah asupan protein. Yap! Betul sekali. Untuk menjaga bahkan menaikkan massa otot, asupan protein kita tidak boleh sampai kurang.

Dari mana saja kita bisa memperoleh protein? Salah satu sumber makanan kaya nutrisi, termasuk protein, adalah susu. Tentunya sobat tidak asing dengan pilihan produk susu tinggi protein dan rendah lemak seperti L-men platinum, bukan? Nah, untuk melengkapi pilihan menu sehari-hari, daging ayam bisa jadi pilihan. Daging ayam merupakan sumber protein yang lebih baik dibandingkan dengan daging merah, karena kandungan lemak jenuh (baca: jahat) yang lebih rendah. Dari seluruh bagian ayam, yang perlu kamu pilih adalah bagian dada. Mengapa? Jika dibandingkan dengan bagian ayam lainnya seperti paha atas, sayap, dan paha bawah (drumstick) pada berat daging yang sama, dada ayam memiliki kandungan protein yang paling tinggi dan lemak yang paling rendah. Dan tentunya, pada berat yang sama, dada ayam juga memiliki nilai kalori yang paling rendah dibanding ketiga bagian lainnya. Selain itu, dada ayam juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks (B1. B3, B5, B6, B12), selenium, choline, zinc, magnesium, zat besi, dan tembaga. Wah, sungguh pilihan yang menarik, bukan?

            Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari dada ayam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pilih dada ayam tanpa kulit. Kulit ayam mengandung lemak yang tinggi. Sebelum mengolah dada ayam, pastikan kamu menyingkirkan kulitnya atau langsung memilih dada ayam tanpa kulit. Tentunya kamu tidak mau terlalu banyak konsumsi lemak, kan? Kedua, cara masak berpengaruh. Hindari mengolah dada ayam dengan cara digoreng/deep fry karena akan menambah jumlah minyak yang terserap ke dalam dada ayam. Pilihlah metode mengolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Dikukus? Mana ada rasanya? Pasti akan terasa kurang nikmat, apalagi untuk konsumsi tiap hari. Jangan khawatir, kamu bisa lho mengkreasikan dada ayam kukus dengan berbagai macam tambahan bumbu atau saus supaya rasanya tetap nikmat. Khawatir gula dan garam berlebih dari saus yang digunakan? Pilih saus yang bebas gula dan lebih rendah garam seperti Tropicana Slim Saus Tiram sebagai partner dada ayam kukusmu!

 

Silakan mencoba resep berikut. Selamat menikmati!

 

STEAM CHICKEN BREAST WITH OYSTER SAUCE

(Dada ayam kukus dengan saus tiram)

Bahan :

100 gram dada ayam tanpa kulit

1 botol Tropicana Slim Saus Tiram

 

Langkah :

  1. Potong dada ayam sesuai selera
  2. Kukus dada ayam
  3. Cocol dengan Tropicana Slim Saus Tiram dan nikmati selagi hangat

           

References:

1. USDA

2. American Heart Association. 2017. Meat, Poultry, and Fish: Picking Healthy Proteins.

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.