Polusi Ganggu Kesehatan dan Nilai

Kondisi lingkungan semakin lama semakin mengkhawatirkan. Berbagai macam masalah mengancam kondisi lingkungan sekitar kita mulai dari berkurangnya hutan dan ruang hijau, terus bertambahnya sampah, hingga perubahan iklim. Belum lagi, tingkat polusi udara juga semakin meningkat. Semua hal ini jelas akan berdampak pada banyak aspek kehidupan, termasuk kesehatan kita.

 

Data yang ada sudah menunjukkan bagaimana polusi udara memiliki banyak efek negatif untuk kesehatan, seperti meningkatkan risiko gangguan pernafasan dan penyakit jantung. Tidak hanya mengganggu kesehatan, polusi udara ternyata juga dapat menurunkan performa kognitif para murid.

 

Polusi naik, nilai turun

Sebuah penelitian di Brazil menunjukkan bagaimana kondisi polusi udara dapat berpengaruh terhadap performa kognitif para murid pada ujian masuk universitas yang dilakukan secara nasional. Penelitian ini mempelajari data selama 3 tahun berturut-turut dan menemukan bahwa kondisi polusi udara yang lebih buruk ternyata berkaitan dengan nilai skor tes para murid yang lebih rendah.

 

Diperoleh bahwa untuk peningkatan sebesar 10 µg/m3 pada parameter PM10 (salah satu indikator tingkat polusi udara berdasarkan jumlah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron) di hari ujian nasional, nilai skor tes para murid diketahui lebih rendah sebesar 6,1 poin. Efek negatif polusi udara terhadap performa kognitif ini teramati lebih besar pada murid laki-laki, meskipun tidak dipelajari lebih lanjut mekanisme terkait hal ini.

 

Tekan polusi, jaga kesehatan

Hasil penelitian ini semakin menegaskan pentingnya menjaga lingkungan, termasuk mengurangi polusi udara. Apalagi seperti disebutkan sebelumnya, polusi udara juga dapat mengganggu kesehatan kita. Data dari UK Health Forum and Imperial College London memperkirakan bahwa dalam kurun waktu periode 18 tahun, penurunan sebesar 1 µg/m3 pada parameter PM2.5 (salah satu indikator tingkat polusi udara berdasarkan jumlah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron) akan dapat mencegah hingga 50.900 kasus penyakit jantung koroner dan 16.500 kasus stroke.

 

Banyak hal yang sesungguhnya bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara, misalnya dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda jika ke tempat tujuan yang dekat, menggunakan transportasi umum saat memungkinkan, mematikan alat-alat elektronik saat tidak digunakan, membeli dan menggunakan produk-produk lokal, serta melakukan perawatan mesin kendaraan bermotor secara rutin.

 

Selain menjaga lingkungan dan berperan aktif mengurangi polusi udara, nutrisi yang lengkap tentunya juga penting untuk menjaga kesehatan dan peforma harian yang optimal. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, terutama protein, bagi mereka yang rutin berolahraga, L-Men Platinum adalah pilihan yang tepat. L-Men Platinum merupakan suplemen protein yang cocok untuk melengkapi kegiatan olahraga terutama untuk latihan beban, gym, dan fitness. L-Men Platinum yang tinggi whey protein sebanyak 25 gram/saji serta dilengkapi dengan L-Carnitine, BCAA, dan L-Glutamine membantu mengoptimalkan pertumbuhan massa otot serta amencukupi kebutuhan protein harian kamu. Trust me it works!

 

References:

  1. Journal of the Association of Environmental and Resource Economists (2021) DOI: 10.1086/714671
  2. Public Health England

 

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.