Rahasia Panjang Umur

Membicarakan umur, siapapun tentu ingin memiliki umur yang panjang. Topik mengenai berbagai rahasia umur yang panjang pun sering dibicarakan dan dibahas banyak ahli kesehatan. Apa yang sebenarnya menjadi rahasia untuk bisa memiliki umur yang panjang? Ternyata, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat usia kita.

Faktor genetik

Tak bisa dipungkiri, faktor genetik atau faktor keturunan tentunya memengaruhi banyak aspek dari diri kita termasuk tingkat usia. Diperkirakan bahwa 25% dari variasi tingkat usia antar orang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, gen mana saja yang berperan masih terus dipelajari dan diyakini bahwa banyak gen yang berperan dalam menentukan tingkat usia seseorang.

Faktor lingkungan tempat tinggal

“Jagalah lingkunganmu untuk sebuah kehidupan yang sehat”, nasihat ini ternyata benar karena lingkungan tempat tinggal juga dapat mempengaruhi tingkat usia kita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lingkungan tempat tinggal berkaitan dengan kemungkinan seseorang untuk dapat hidup hingga usia lanjut. Lingkungan seperti apa yang baik? Salah satunya, lingkungan yang memungkinkan untuk banyak berjalan. Tinggal di lingkungan dengan banyak tetangga dari kelompok usia produktif juga bermanfaat karena membuat orangtua lebih tidak merasa terisolasi dan bisa mendapat dukungan sosial.

Faktor gaya hidup

Faktor gaya hidup jelas tidak bisa terlewatkan jika membahas tingkat usia seseorang. Para peneliti yang mempelajari orang-orang yang mencapai usia hingga di atas 90 tahun menemukan bahwa mereka ternyata memiliki kemiripan dalam hal pola hidup seperti tidak merokok, memiliki berat badan yang tidak berlebih, dan dapat mengatasi stress dengan baik. Pola hidup sehat ini diyakini bermanfaat menekan risiko penyakit-penyakit kronis yang umum menyerang mereka yang berusia lanjut.

Selain itu, pola hidup yang aktif juga penting sebagai ‘rahasia umur panjang’. Sebuah review yang dikeluarkan oleh American Heart Association menyimpulkan banyaknya bukti ilmiah yang menunjukkan peran pola hidup sedenter (tidak aktif) sebagai faktor risiko kematian. Mereka yang paling banyak menghabiskan waktu secara sedenter diketahui memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Bahkan, peningkatan risiko ini mencapai 6 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang paling aktif.

Untuk mendukung pola hidup yang aktif dan sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik jelas penting, apalagi saat usia lanjut. Salah satu yang dapat menjadi pilihan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi kita di usia lanjut adalah susu HiLo Gold. Susu HiLo Gold tinggi kalsium dan lebih rendah lemak yang dilengkapi dengan glukosamin, 100% AKG vitamin D, dan mineral organik dari Algae Merah untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian dan dukung pola hidup usia lansia setiap hari.

References:

  1. International Journal of Environmental Research and Public Health (2020) DOI: 10.3390/ijerph17082828
  2. S. National Library of Medicine
  3. Circulation (2016) DOI: 10.1161/CIR.0000000000000440

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.