Si Manis Ternyata Bisa Juga Jadi Si Asin!

Rasa manis dan asin jelas memiliki karakteristik rasa yang berbeda. Keduanya juga didapat dari penambahan bahan yang berbeda pada makanan: rasa manis berasal dari gula sedangkan rasa asin berasal dari garam. Karena itu, banyak yang berpikir bahwa saat ingin membatasi asupan garam untuk menjaga tekanan darah, kita hanya perlu membatasi yang asin saja dan tidak perlu mengkhawatirkan makanan manis. Sayangnya, hal ini tidak tepat karena yang manis ternyata juga bisa tinggi garam.

 

Si manis yang tinggi garam

Walau karakteristik rasa gula dan garam berbeda, keduanya ternyata dapat saling berkaitan pada makanan. Faktanya, beberapa makanan dengan rasa manis sesungguhnya mengandung banyak garam (selain tentunya juga tinggi gula) sehingga penting juga diwaspadai oleh mereka yang sedang membatasi asupan garam harian. Salah satunya adalah kecap manis yang sering digunakan saat memasak atau sebagai pendamping saat makan. Begitu juga dengan saus tomat dan saus sambal, keduanya juga tinggi gula dan tinggi garam.

 

Berapa kandungan gula dan garam pada saus dan kecap ini? Diketahui bahwa 1 sendok makan kecap manis mengandung 4.5 gram gula dan 1.4 gram garam sedangkan 1 sendok makan saus tomat mengandung 4.6 gram gula dan 0.6 gram garam. Kandungan gula dan garam pada saus sambal hampir serupa dengan saus tomat, yaitu 4.7 gram gula dan 0.6 gram garam per 1 sendok makan saus sambal.

 

Jumlah di atas mungkin terkesan tidak banyak, tapi jumlah yang kecap dan saus yang kita tambahkan saat memasak dan makan umumnya tidak sedikit. Belum lagi makanan lain yang kita konsumsi sehari-hari tentunya juga mengandung garam. Faktanya, data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 3 orang Indonesia mengonsumsi makanan asin 1 kali atau lebih per hari. Hal ini penting diperhatikan karena Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan untuk membatasi asupan garam maksimal 5 gram per hari.

 

Batasi garam, cegah hipertensi

Mengapa kita perlu membatasi garam? Membatasi asupan garam penting untuk menjaga tekanan darah dan mencegah penyakit hipertensi. Hipertensi sendiri adalah kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal. Apabila tidak ditangani dengan baik, tekanan darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang kemudian terkait dengan berbagai macam komplikasi kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat hipertensi antara lain peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, gagal jantung, gangguan penglihatan, dan gangguan ginjal.

 

Sayangnya, membatasi garam seringkali terasa sulit karena dapat memengaruhi rasa makanan. Apakah Anda merasa kesulitan untuk mengurangi penggunaan kecap dan saus karena tidak dapat mengorbankan rasa makanan? Coba produk-produk rendah garam dari Tropicana Slim untuk rasa masakan yang tetap lezat namun lebih rendah garam. Anda bisa memilih Tropicana Slim Kecap Asin untuk cita rasa gurih dan nikmat namun lebih rendah garam, atau Tropicana Slim Kecap Manis dan Tropicana Slim Saus Tiram yang dapat melezatkan berbagai macam masakan tapi bebas gula dan lebih rendah garam. Masakan tetap enak, tapi lebih rendah garam dan sehat dengan Tropicana Slim.

 

References:

  1. American Heart Association
  2. Singapore Nutrient Database
  3. Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2018
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Share Article:

All rights reserverd.